EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Rizka Melisania Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas pelaksanaan model pembelajaran inkuiri dengan dukungan media Quizizz terkait hasil belajar di bidang matematika sekolah dasar. Bentuk pendekatan yang dimanfaatkan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini yaitu 27 siswa kelas V SDN 1 Mindahan. Jenis instrumen penilaian terdiri soal pretest sebagai pengukuran awal dan posttest sebagai pengukuran akhir. Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dalam pencapaian perolehan nilai siswa pasca diterapkannya model pembelajaran inkuiri dengan media Quizizz. Rata-rata nilai pretest sebesar 46,42 meningkat menjadi 84,89 pada posttest. Nilai signifikansi sebesar 0,000 diperoleh dari uji t berpasangan, nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai t hitung 13,108 > 2,060 t tabel. Analisis terhadap nilai N-Gain mengindikasikan bahwa kemampuan akademik siswa mengalami kemajuan dengan kategori sedang hingga tinggi. Atas dasar itu, model pembelajaran inkuiri berbantuan media Quizizz efektif dalam mendorong peningkatan hasil belajar matematika siswa jenjang sekolah dasar.

Kata Kunci : media inkuiri; media quizizz; hasil belajar; matematika; sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Melisania, R. ., & Sutriyani, W. (2025). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(3), 576–586. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/20982