PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA AKSARA TERHADAP MINAT BELAJAR AKSARA JAWA SISWA KELAS III DI SDN 1 TIGAJURU JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpg.v6i4.21499Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media ular tangga aksara terhadap minat belajar aksara Jawa siswa kelas III di SDN 1 Tigajuru Jepara. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre Eksperimental, khususnya desain One Group Pretest–Posttest. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas III yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa setelah penerapan media ular tangga aksara, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 25,28 dan posttest sebesar 33,40. Uji Paired Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Selain itu, analisis regresi sederhana menunjukkan kontribusi media ular tangga aksara terhadap peningkatan minat belajar mencapai 80,6%. Temuan ini mengindikasikan bahwa media ular tangga aksara efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, mendorong partisipasi aktif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik, serta mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sofa Rahmalia, Dwiana Asih Wiranti, Muhammad Misbahul Munir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.














