ANALISIS UNSUR ART PADA PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Novia Triani Wulandari Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3284

Kata Kunci:

Unsur Art, Pembelajaran STEAM, Anak Usia Dini

Abstrak

Sikap kreativitas pada anak perlu ditingkatkan sejak dini, maka dari itu perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang cocok diterapkan di PAUD yaitu dengan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematics) ditinjau dari unsur art. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar kebutuhan analisis unsur art pada pengembangan pembelajaran STEAM subtema kendaraan darat untuk anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu EDR (Educational Design Reseach) dengan meninjau tahapan   1 yaitu analisis dan eksplorasi. Hasil yang diperoleh setelah dianalisis berdasarkan tahapan try dan try again didapat hasilnya bahwa perlu sebuah dasar kebutuhan dalam pengembangan pembelajaran STEAM dalam unsur art sehingga hasil yang diperoleh anak akan maksimal. Kesimpulannya bahwa dasar kebutuhan analisis unsur art dalam pengembangan pembelajaran STEAM ditinjau dari analisis dan eksplorasi sangatlah penting dan perlu dikembangkan melihat hasil dari kegiatan pembelajarannya masih belum variatif dikarenakan kegiatan dalam unsur art hanya mewarnai saja dan seharusnya 3M (mewarnai, menggunting, dan menempel).

Referensi

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Seni Kurikulum 2004 SMA. Jakarta : Pengarang

Destiani,A. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa Melalui Teknik Pencetakan Dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 2016, Vol. 1 (1), 7-14.

Direktorat Pembinaan TK dan SD. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa Di Taman Kanak-kanak. Jakarta:Kemendiknas.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action, (1), 23.

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mc Kenney, S., T. C. Reeves. (2012). Conducting Educational Design Research. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Plomp, T. dan Nienke N. (2013). Educational Design Research Part A: An Introduction. Enschede: SLO. Netherlands institute for curriculum development.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta..

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Wulandari, N. T., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). ANALISIS UNSUR ART PADA PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3), 135–141. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3284