PEMBIMBINGAN ORANG TUA DALAM SOCIAL DEVELOPMENT ANAK USIA DINI

Authors

  • Ramadhanti Ramadhanti UPI Tasikmalaya Jawa Barat
  • Elan Elan UPI Tasikmalaya Jawa Barat
  • Sumardi Sumardi UPI Tasikmalaya Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3288

Keywords:

Pembimbingan Orang Tua, Social Development, Anak Usia Dini

Abstract

Anak usia dini adalah sekelompok individu yang mempunyai kemajuan yang sangat pesat sekaligus fundamental, sehingga anak membutuhkan orang dewasa sebagai contoh dan pengasuh dalam kehidupannya, orang tuasebagai madrasah pertama dan utama bagia anak berperan penting dalam proses perkembangan anak sebelum menempuh pendidikan formal, maka jenis pembimbingan yang digunakan oleh orang tua sangat berperan untuk menstimulus seluruh kemampuan pada diri seseorang  dalam perkembangan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini untuk memngetahui jenis pola asuh yang digunakan oleh orang tua pada anak usia 5-6 tahun di Cikuya Desa Sukahurip Ciamis. Metode yang digunakan yaitu qualitative descriptive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Anisilis data menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dalam pengasuhannya orang tua menetapkan aturan kepada anak, namun tidak dengan memaksakan kehendaknya lebih ke pembiasaan agar anak tidak merasa terkekang, menghargai pilihan dan pendapat anak, melibatkan anak dalam mengambil keputusan, memotivasi dan memberi nasehat pada anak. Maka dapat disimpulkan jenis pembimbingan orang tua dalam social development anak menggunakan jenis pola asuh demokratis.

References

Anzani, R. W. & Insan, I. K. 2020. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 2, No. 2.

Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Madyawati, L. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakara: Prenada Media

Rosyadi, R. 2013. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Konsep praktik PAUD Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, R. P. dkk. 2019. Pola Asuh Ibu pada Perkembangan Sosial Anak usia 4-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Bumi Kalimantan. Vol. 2, No. 1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tiara, D. 2019. Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Emosi Anak di TK Sakinah II Sukabumi. (Skripsi). Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 7 Ayat 1.

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Ramadhanti, R., Elan, E., & Sumardi, S. (2020). PEMBIMBINGAN ORANG TUA DALAM SOCIAL DEVELOPMENT ANAK USIA DINI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3), 172–178. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3288