PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS IV SDI LIII NAPUNG BIRI

Authors

  • Maria Gradina Wewe SDI LIII Napung Biri

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4575

Keywords:

Kemampuan menulis, Karangan Sederhana, Gambar Seri

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia dengan mengefektifkan penggunaan media gambar seri di kelas IV SDI Napung Biri. Rancangan PTK mengacu mengacu pada model Kurt Lewin dilaksanakan secara bersiklus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pembelajaran siswa sedangkan data kualitatif diperoleh dari kegiatan proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas IV SDI Napung Biri. Peningkatan kemampuan menulis karangan tersebut ditandai dengan meningkatnya aspek-aspek ketrampilan menulis karangan dari siklus I ke siklus II, begitu juga dengan nilai ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I hanya mencapai 52,38 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,95%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar seri pada materi menulis karangan dikelas IV SDI Napung Biri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana.

References

Akhdiat, (1993). Penggunaan Bahasa Yang Baik dalam Penulisan Karya ilmiah [Online].Tersedia : http://www. file. wordpres. com. [20 Nopember 2013].

Depdikbud, (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai pustaka.

Depdiknas, (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Sekolah Dasar.

Depdiknas, (2001). Skor Penilaian Kelas. Bandung, Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Sekolah Dasar.

Gagne (1984). Penegrtian Membaca. [Online].Tersedia: http://www. file. wordpres. com. [20 Nopember 2013].

Purwanto (2000). Penggunaan media gambar untuk melatih Siswa dalam Belajar. Bandung: Angkasa

Sastroatmodjo,S ( 2008 ) Pendidikan dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) Sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2008 Sekolah Dasar , Modul, Panitia Sertifikasi Guru Rayon XII, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Suriamiharja Agus,dkk ( 1997 ). Petunjuk Praktis Menulis.Jakarta: Depdikbud

Sabarti Akhadiah. (1997). Menulis. Jakarta: Depdikbud

Soparno (2007). Keterampilan Dasar Menulis untuk pencapaian standar kompetensi. Jakarta: Depdikbud

Tarigan. (1996).Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa

Wiraatmadja,Rochiati (2008), Metode Tindakan Kelas, Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Wewe, M. G. (2021). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS IV SDI LIII NAPUNG BIRI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 31–40. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4575