Penerapan Pembelajaran Model Type Collaboration Mind Map Tentang Sifat Meknik Bahan Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lb

Authors

  • Sri Lestari SMKN 2 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i3.5042

Keywords:

Model Type Collaboration Mind Map, Fisika, Hasil Belajar, Sifat Mekanik Bahan

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seseorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan siswa sepenuhnya dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Penggunaan pembelajaran model Collaboration Type Mind Map membuat siswa tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis data hasil belajar dalam setiap siklus yang mengalami peningkatan. Siklus 1 nilai rata-rata sebesar 73,7 daya serap klasikal sebesar 73,7%, dan ketuntasan belajara secara klasikal sebesar 66,7%. Siklus II nilai rata-rata 78,8, daya serap klasikal. Angka ketuntasan belajar tersebut telah memenuhi batas minimal ketuntasan belajar di SMK Negeri 2 Bogor. Peningkatan telah memenuhi standar KKM di SMK Negeri 2 Bogor. Pemerolehan data dari hasil penelitian ini sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pemahaman materi tentang Sifat Meknik Bahan siswa di SMK Negeri 2 Kota Bogor. Penerapan pembelajaran model Collaboration Type Mind Map juga dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa di Kelas X LB SMK Negeri 2 Bogor yaitu meningkatkan kualitas aktivitas guru, dan kualitas aktivitas siswa

References

Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan cetakan ke-7. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Heinich, Robert, Michael Molenda dan James D. Russel. 1982 Instructional Media: and the New Technology of Instruction. New York: Jonh Wily and Sons.

Muhammad, Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 1992. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru Bandung.

Whitten, Jeffery L; Lonnie D Bentley; dan Kevin C Dittman. 2004. Metode Desain Analisis Sistem edisi 6. Yogyakarta:

Andi. Sutejo, SPd. 2013. Fisika 1B SMK Kelas X Bogor.Yudhistira

Endarko; Melania Suweni Muntini; Lea Prasetia; Henry Faisal.2010. Fisika Jilid 1 Untuk SMK Teknologi. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.Kementerian Pendidikan Nasional.

Siti Sarah, Spd. 2017 Fisika XA Untuk SMK Teknologi Kurikulum 2013 Spektrum 2017. Yogyakarta. LP2IP.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Lestari, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Model Type Collaboration Mind Map Tentang Sifat Meknik Bahan Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lb. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(3), 111–122. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i3.5042