PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TIA SMKN 2 BOGOR

Authors

  • Supardi Supardi SMK Negeri 2 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600

Keywords:

Hasil Belajar Peserta Didik, Matematika, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor.(3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI TIA SMK  Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 58,71 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi 79,57 pada siklus 1 dan 84,86 pada siklus 2, sehingga Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

References

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati, 2014, Pembelajaran Efektif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Chairul Anwar, 1017, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Kontenporer, Yogyakarta, IRCiSoD

E. Mulyana, 2009, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah, Jakarta, Bumi Askara

Graff, Erik De dan Anette Kolmos. 2003. "Characteristics of Problem-Based Learning”, International Journal Engng /Vol. 19, No. 5, 657-662.

Jeong So, Hyo dan Bosung Kim. 2009. "Learning about Problem Based Learning: Student Teachers Integrating Technology, Pedagogy and Content Knowledge”, Australasian Journal of Educational Technology/ Vol. 25 No. 1, 111-116.

Lee, Jean S. dkk. 2014. "Taking a Leap of Faith: Redefining Teaching and Learning in Higher Education Through Project Based Learning”, Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning/ Vol. 8 No. 2, 8- 17.

Musfiqon 2010, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka

Muslihuddin 2010, Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta, Depdiknas.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Supardi, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TIA SMKN 2 BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600