INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCIPTAKAN GENERASI EMAS 2045

Authors

  • Annisa Dwi Hamdani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
  • Najwa Nurhafsah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
  • Shela Silvia Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Keywords:

Pendidikan, Pendidikan Karakter, Generasi Emas 2045

Abstract

Pembentukan karakter sudah menjadi salah satu tujuan dari pendidikan yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangatlah penting dibangun sejak dini, pendidikan karakter harus terus berkembangkan baik melewati pendidikan formal maupun non-formal. Tantangan pendidikan berkualitas, mengharuskan para pengajar untuk lebih kreatif, inovatif, dan inspiratif dalam merancang aktivitas pembelajaran yang bermutu untuk menyongsong generasi emas Indonesia Tahun 2045. Peran pendidikan penting dalam membentuk peradaban bangsa yang sesuai dengan jati diri dan karakter bangsa. Dengan metode studi literatur, artikel ini membahas pendidikan karakter dalam membangun generasi emas 2045 beserta implementasinya. Generasi emas akan mencetak kualitas manusia yang unggul di masa yang akan datang, sebagaimana yang telah dicita-citakan masyarakat, menciptakan generasi emas dengan pendidikan karakter adalah bagian penting dalam memajukan pendidikan Indonesia.

Author Biographies

Annisa Dwi Hamdani, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Najwa Nurhafsah, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Shela Silvia, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

References

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Andayani, E. (2011). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. 4(2), 31–45.

Bidang, P., Sains, K., Informatika, V., Darman, R. A., Bidang, P., Sains, K., & Informatika, V. (2017). Jurnal Edik Informatika MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS Jurnal Edik Informatika. 2.

Biner Ambarita. (2014). Pembangunan Karakter Menuju Generasi Emas tahun 2045. Generasi Kampus, 7(1), 1–17.

Iskandar, R. (2014). Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 11(1), 61–76. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/3336

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 1–10. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Marini, A. (2018). Implementation of Character Building at Elementary Schools : Cases of Indonesia. Proceeding International Conference on University and Intellectual Culture 2018, 1(1), 60–71.

Miskiah. (2012). GENERASI EMAS INDONESIA YANG BERKARAKTER Miskiah "Beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku guncangkan dunia”, itulah perkataan Ir. Soekarno sebagai.

Prasetyo, Z. K. (2014). Generasi Emas 2045 sebagai Fondasi Mewujudkan Siklus Peradaban Bangsa Melalui Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Kurukulum 2013, 3, 82. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131453197/pengabdian/semnas-pgsd-tanjungpura-pontianak-160414.pdf

Putry, R. (2018). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54.

Rahmat, P. S. (2016). Peran Pendidikan dalam Membentuk Generasi Berkarakter Pancasila. Jurnal Penelitian Pendidikan, 03(02), 2. https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1161/863

Simanjuntak, R. (2019). Pentingnya Penerapan Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter bagi Terciptanya Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 87. https://doi.org/10.47131/jtb.v1i2.17

Sudarma, U. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam. https://journal.staialandina.ac.id/index.php/sharia/article/view/4

Suherman, & Wathan, H. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Medan Agama, 12(2), 57–71.

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 90. https://doi.org/10.19105/jpi.v10i1.640

Wb, W. (2012). Pengantar Proceeding Konaspi VII.

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969

Yusuf, M. (2016). High Concept and High Tought Senses in the Conceptual Age . Ini adalah konsep kunci. Inovasi Pendidikan, 2(4), 9–16.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCIPTAKAN GENERASI EMAS 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170–178. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291