PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS IBADAH SHALAT SISWA

Authors

  • Muthia Gabriella Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kamalludin Kamalludin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7339

Keywords:

game online, ibadah, siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap aktivitas ibadah shalat siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Pada penelitian yang menjadi sampel adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bojonggede kabupaten Bogor. Pada pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakkan teknik purposive sampling. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Teknik analisis regresi sederhana menggunakkan aplikasi SPSS 26. Berdasarkan data hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan arah positif dan signifikan antara game online dengan aktivitas ibadah siswa. Adanya pengaruh yang signifikan dapat dilihat pada nilai F hitung > F tabel yakni 13.965 > 3.966 dengan sig= 0.000 (sig< 0.05), yang artinya dapat dikatakan variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. 

References

Adywinata, J. M. (2013). Pengaruh Game Terhadap Tingkah Laku Siswa. https://www.academia.edu/10468586/dampak_game_online

Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia APJII (2017).

Darmawan, A., Muhyani, & Asmahasanah, S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Guru Dengan Penyalahgunaan Media Sosial Di Man 1 Kota Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan Online. Vol. 3, (11).

Darwis, M. (2020). Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia 15–18 Tahun Di Kelurahan Kayuombun. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2).

Gus, Arifin. (2009). Sudah Benarkah Shalat Kita?. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Haris, A., Anggraini, D. C., & Mardiana, D. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Ketaatan Beribadah Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 98.

Melis. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kepribadian Mahasiswa STEBIS IGM Palembang. Jurnal Ilmu Syariah, FAI Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. Vol. 4, (2).

Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar (Studi Fenomenologi Tentang Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen Tahun, 2013. Jurnal Ilmiah Pend. Sos.

Putri, Sundari. (2019). "Hubungan Antara Aktivitas Bermain Game Online Dengan Kebugaran Fisik Pada Remaja Smp Di Kota Denpasar”. Jurnal Medika Udayana. Vol. 8, (7).

Shoky Eandra, O. (2019). Social Interaction With Online Game Addicts Student Of Unri In Sub-District Tuah Karya District Of Tampan Pekanbaru City. In JOM FISIP. Vol. 6.

Suryani dan Hendriyani. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: KENCANA. Cet. I.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Gabriella, M., Asmahasanah, S., & Kamalludin, K. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS IBADAH SHALAT SISWA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 233–238. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7339