Tingkat Kepercayaan Masyarakat Muslim Terhadap Partai Politik

Authors

  • Annisa Aprilliyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hisny Fajrussalam
  • Alya Dewi Aprianti
  • Fariza Nur Aulia
  • Lusvinaningtyas Lusvinaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7374

Keywords:

Partai politik, Masyarakat Islam, politik

Abstract

Partai politik merupakan wadah organisasi, mereka bisa menyatukan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang sama sehingga pemikiran dan orientasi mereka bisa dikonsolidasikan, sedangkan secara umum partai politik dapat dikatakan adalah suatu kelompok terorganisir yang anggotanya mempunyai orientasi, nilai, dan cita-cita yang sama. Fungsi partai politik sebagai penghubung antara rakyat dan penguasa. Partai politik Islam merupakan faktor yang perlu diperhitungkan dalam proses politik karena partai politik Islam lahir dari mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Rumusan masalah-nya adalah bagaimana sikap masyarakat terhadap partai Islam? Tujuannya adalah untuk mengetahui Mengetahui sikap masyarakat mendukung atau memihak (favorable) maupun tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorable) terhadap partai Islam. Dalam sebuah data ditemukan bahwa Sikap masyarakat dari jumlah sampel 85 responden dihasilkan masyarakat yang bersikap positif terhadap partai politik Islam sebesar 48%, masyarakat yang bersikap biasa sebesar 36%, sedangkan yang bersikap negatif terhadap partai politik Islam sebesar 15% yang tersebar dalam 4 dimensi yang diujikan antara lain dimensi tokoh/kader, ideologi/platfrom, program kerja, dan citra partai.

References

Rasyid, F. A. (2008). POLITIK ISLAM DAN DEMOKRASI DI INDONESIA. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 9(2), 75-86.

Abdurrofiq, A. Tingkat kepercayaan masyarakat muslim terhadap partai politik berasas islam: studi kasus di Kecamatan Kebumen pada pemilu 2014.

Efriza, N. F. N. (2019). Eksistensi Partai Politik Dalam Persepsi Publik [The Existence of The Political Parties in Public Perception]. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 10(1), 17-38.

Yuliono, A. (2013). Kepercayaan Masyarakat Pada Partai Politik (Studi Kasus Kecenderungan Golongan Putih Pada Pemilihan Kepala Daerah di Wilayah Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (DIA), 11(1), 173-184.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Aprilliyani, A., Fajrussalam, H., Aprianti, A. D., Aulia, F. N., & Lusvinaningtyas, L. (2022). Tingkat Kepercayaan Masyarakat Muslim Terhadap Partai Politik. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 268–275. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7374