Peran Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini

Authors

  • Herlin Nurliana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mutia Rachma Dilla
  • Sukma Pakungwati
  • Ria Yuliana Prasojo

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.7415

Keywords:

Anak Usia Dini, Kemampuan Sosial, Manajemen Pembelajaran

Abstract

Usia dini merupakan pondasi awal dalam tumbuh kembang anak. Di usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat melebihi usia lainnya. Oleh karena itu, perlu manajemen pembelajaran untuk membantu tumbuh kembang anak terutama dalam kemampuan sosial anak sehingga perkembangannya mampu berjalan dengan optimal. Sesuai dengan pembahasan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah diskusi kelompok terarah dan studi literatur. Temuan yang peneliti peroleh adalah manajemen pembelajaran itu sangat penting dan memberikan pengaruh terhadap perkembangan kemampuan sosial anak terutama anak usia dini. Oleh karena itu, manajemen ini harus selalu dilibatkan dalam kontek pembelajaran. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk membantu memberikan wawasan kepada pembaca tentang pentingnya peran manajemen pembelajaran.

References

Erwina, Y. (2019). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan.

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45-52.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Lilianti, L., Rosida, W., Adam, A., Said, H., Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 7191-2200.

Luluk Asmawati. (2014).Perencanaan Pembelajaran PAUD,Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharni. (2019).Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 4. (1), 1-5.

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup Pertiwi Kabupaten Rajang Lebong). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 51-70.

MUHLASIN. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal akademika. 15(1). 63

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28-42. DOI: https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440-447.

M.Hery Yuli Setiawan.(2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.4. (1).

Republika. 2022. Kasus Speech Delay Anak Meningkat Selama Pandemi, Ayah Ibu Perhatikan Tiga Hal Ini. Sumber : https://www.republika.co.id/berita/rccdco463/kasus-speech-delay-anak-meningkat-selama-pandemi-ayah-ibu-perhatikan-tiga-hal-ini

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Nurliana, H., Dilla, M. R., Pakungwati, S., & Prasojo, R. Y. (2023). Peran Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.7415