PERAN ETIKA POLITIK ISLAM DALAM STRATEGI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MAHASISWA

Authors

  • Deanita Elsa Utami Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indah Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nihlatul Hayatti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Reggita Indriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7429

Keywords:

Lembaga Dakwah Kampus, Religiusitas Mahasiswa, Strategi Dakwah.

Abstract

Penyebaran ilmu agama Islam oleh mahasiswa atau lebih dikenal dengan dakwah kampus merupakan tahapan dakwah terpenting dalam dakwah untuk mahasiswa. Begitu pula dalam berdakwah di kampus, seseorang yang disebut dengan Aktivis Dakwah Kampus (ADK) harus memahami tentang dakwah itu sendiri dan tentunya tentang lembaga dakwah kampus. Lembaga Dakwah Kampus salah satunya berfungsi sebagai sebuah wadah para aktivis dakwah mahasiswa yang memiliki jiwa dan komitmen terhadap dakwah yang militan. Penelitian ini meneliti tentang (1) Apa tujuan didirikanya LDK Fokussalam UPI Purwakarta?, (2) Bagaimana strategi dakwah lembaga dakwah kampus (LDK) Universitas Pendidikan Indonesia kampus perwakarta dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa?, (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa?. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui strategi dakwah LDK Fokussalam UPI Purwakarta dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa. (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh LDK Fokussalam UPI Purwakarta, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan religiusitas mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan memakai metode deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi wawancara.. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.

References

Alam, L. (2018, August). ISLAM, IDEOLOGI POLITIK DAN DAKWAH KAMPUS: SIKAP NON-KONFRONTATIF KAUM TERPELAJAR ISLAM. In INTERNATIONAL SEMINAR ON ISLAMIC EDUCATION.

Aziz, R. (2012). Kepribadian Ulul Albab: Citra diri dan religiusitas mahasiswa di era globalisasi. UIN Maliki Press.

Hidayat, R., & Suwanto, S. (2020). Membumikan Etika Politik Islam Nabi Muhammad SAW Periode Madinah Dalam Konteks Perpolitikan Indonesia. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 3(2), 124-141.

Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda Karya, 2012), p.186.

Rulam Ahmadi, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2016), p.15.

Widiati, H., & Musaddad, E. (2019). STRATEGI DAKWAH LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MAHASISWA. AdZikra: Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam, 10(1), 50-76.

Diana, R., Masruri, S., & Surwandono, S. (2018). Etika Politik dalam Perspektif Al-Mawardi. TSAQAFAH, 14(2), 363-384.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Utami, D. E., Sari, I., Hayatti, N., Indriani, R., Rahayu, S., & Fajrussalam, H. (2022). PERAN ETIKA POLITIK ISLAM DALAM STRATEGI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MAHASISWA. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7429