Penerapan Prinsip Andragogi Dalam Pelatihan Tata Rias Ibu Rumah Tangga Di Bukit Mekar Wangi

Authors

  • Ulfa Zamilah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rahmi Alendra Yusiyaka Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7805

Keywords:

Andragogi, Pendidikan Orang Dewasa, Pelatihan.

Abstract

Orang dewasa dalam belajar mempunyai karakteristik  berbeda-beda berlandaskan konsep diri dan pengetahuan hidupnya. Pelatihan tata rias untuk ibu rumah tangga di daerah Bukit Mekar Wangi Bogor berlangsung dengan efektif dan efisien sesuai tahapan pelatihan adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses pembelajaranya menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa yaitu: orang dewasa memiliki konsep diri, adanya hubunganya dengan pengalaman peserta didik, pendidikan orang dewasa memiliki rencana yang lebih fleksibel, kesiapan untuk belajar, serta menginginkan dapat segera memanfaatkan hasil belajaranya. Tujuan dari Penerapan andragogi dalam pelatihan agar tercapainya usaha memajukan taraf hidup, selain itu untuk melaksanakan kenaikan partisipasinya dalam aktivitas sosial, selain tujuan penerapan prinsip andragogi beranjak mengutamakan pada menuntun dan menolong orang dewasa dalam mendapatkan pengetahuan. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, demonstrasi, dan praktek. Hasil analisis bahwa penerapan prinsip andragogi dalam pelatihan tata rias dengan menggunakan analisis kualitatif menunjukan bahwa berjalan efektif dan efisien. Dengan prinsip andragogi membuat fasilitator maupun peserta didik nyaman dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan transisi positif dengan menuju kepada aktivitas yang mandiri dan lebih kereatif bagi peserta didik.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Hidayat, M. A., Anwar, A., & Hidayah, N. (2017). Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Pendidikan, 31-42.

Karwati, L. (2016). Prinsip Andragogi Pada Performasi Tutor Program Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 1.

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 180-190.

Ruhenda. (2017). Pendidikan Luar Sekolah Konsep, Teori, dan Implementasi. Bogor: UIKA PRESS.

Safitri, A. (2021, Oktober). Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Pelatihan Kewirausahaan Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Cigombong. Jurnal Obor Penmas, 101-107.

Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI).

Sugiyanto, L. W. (2020). Pendidikan Orang Dewasa Andragogi. Malang: UB Press.

Sunhaji . (2013). KONSEP PENDIDIKAN ORANG DEWASA . Kependidikan.

Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Zamilah, U., & Yusiyaka, R. A. (2022). Penerapan Prinsip Andragogi Dalam Pelatihan Tata Rias Ibu Rumah Tangga Di Bukit Mekar Wangi. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 323–331. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7805