Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V

Authors

  • Eka Novia Klarita Universitas Bhinneka PGRI
  • Rohmatus Syafi'ah

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum, Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi.

Abstract

Pada saat pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum tahun 2021 siswa masih mengalami kebingungan, dikarenakan siswa baru mengenali soal literasi serta numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan literasi dan numerasi dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) siswa di SDN 3 Jabalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes, observasi, serta wawancara. Hasil tes akan dikelompokkan menjadi tiga yaitu, tingkat tinggi, tingkat sedang, serta tingkat rendah. Berdasarkan dari hasil tes, observasi serta wawancara diperoleh hasil bahwa dari keseluruhan 12 siswa kemampuan literasi tertinggi terdapat pada indikator menilai format penyajian dalam teks informasi serta pada indikator membandingkan hal-hal utama yang terdapat pada teks fiksi. Sedangkan kemampuan terendah terdapat pada indikator memahami teks secara literal serta menyusun inferensi pada teks fiksi. Sementara itu, hasil kemampuan numerasi dari keseluruhan 12 siswa kemampuan tertinggi terdapat pada indikator bilangan serta pada indikator data dan ketidakpastian, sedangkan kemampuan terendah terdapat pada indikator geometri dan pengukuran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi dalam menyelesaikan soal AKM siswa kelas V dari jumlah keseluruhan rata-rata memiliki kemampuan tingkat sedang dengan presentase 75%. Sedangkan pada kemampuan numerasi, siswa memiliki kemampuan tingkat sedang dengan presentase 58,33%.

References

Anggraini, K. E. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). 11(3).

hendriyanto. (2021, January). Jadwal Asesmen Nasional Diundur ke September-Oktober 2021 - Direktorat Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud . http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/jadwal-asesmen-nasional-diundurke-september-oktober-2021

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Linanda, T., & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. JURNAL PERSEDA, V(1), 49–56.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan

Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–

https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43.

Pusmenjar Kemdikbud. (2021). Asesmen Nasional, Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 14, 1–32.

Ratna Sari, D., Nur, E., Lukman, aeni, & Rijal Muharram Wahid, M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (Vol. 2, Issue 4).

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Klarita, E. N., & Syafi’ah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262–267. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122