PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA SMPIT AS-SALAM KARANGGAN BOGOR

Authors

  • Mochammad Fardan Adib Masyruhan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Santi Lisnawati

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8567

Keywords:

Metode Pembelajaran, Tilawati, kemampuan membaca Al-Qur'an, SMPIT As-Salam

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran tilawati pada siswa SMPIT As-Salam Karanggan Bogor. Kedua, untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa SMPIT As-Salam Karanggan Bogor. Ketiga untuk mengetahui  adakah pengaruh metode pembelajaran tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa SMPIT As-Salam Kranggan Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto, penelitian ini dilakukan sejak bulan  Oktober 2021 sampai dengan bulan Agustus 2022, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPIT As-Salam Karanggan Bogor dan sampal pada penelitian ini adalah berjumlah 62 sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 23.0. Berdasarkan dari hasil pengujian hasil uji "t” Metode Pembelajaran Tilawati (X) t-hitung sebesar 2,557 > nilai t-tabel 1,67. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% maka hipotesis HO ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Pembelajaran Tilawati (X) terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an (Y). Hal ini menunjukan bahwa diterapkannya Metode Tilawati mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa hal ini diketahui dari data hasil skor yang di peroleh peneliti dari setiap siswa dengan nilai rata-rata sebesar 90,12 lalu dari hasil test kemampuan membaca Al-Qur'an yang dilakukan oleh guru kepada siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,29. Saran dalam penelitian ini yaitu: Berhubung metode tilawati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, peneliti menyarankan bahwa metode tilawati ini dapat terus digunakan sebagai salah satu strategi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa ( membaca Al-Qur'an).

References

Abdurrahim Hasan dan Muhammad Arif dkk, Strategi Pembelajaran Al-Qur'an Metode Tilawati, Surabaya, Pesantren Al-Qur'an Nurul Falah, 2010 Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 209

Arikunto, Suharsimi. (2013).Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Anisa Laila. (2009). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an SMP Taman Siswa Malang. Skripsi: Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Djalaludin, Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompotensi. Parepare: Cv Kaafah Learning Center.

Drajat Zakiyah. (2012). Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Badan Penelitian Universitas Diponogoro, Semarang.

Khodijah, S,L ( 2014). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Roudlotul Athfal Tulungagung. Skripsi: Insitus Agama Islam Tulungagung.

Mulyani. (2019). Metodologi Penelitian Cara Mudah Melakukan Penelitian. Bogor. Uika Press.

Mutmainnah Siti (2011). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di MI Al-Falah Beran Ngawi. Skripsi: Insitut Islam Negri Walisongo Semarang.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompotensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta. bandung.

Sukmadinata. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

SMPIT As-Salam : (2021-2022) Data Internal Siswa.

Zawawie M. (2011). Pedoman Membaca, Mendengar dan Menghafal Al-Qur'an. Semarang: Solo Tinta Mediana.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Masyruhan, M. F. A., & Lisnawati, S. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMPIT AS-SALAM KARANGGAN BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 315–322. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8567