PENGARUH ORGANISASI SISWA PESANTREN EL-ALAMIA (OSPELA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTEN EL-ALAMIA BOGOR

Authors

  • Nurholis Heqal Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Yono Yono Universitas Ibn Khaldun Bogor

Keywords:

Kata Kunci, Bahasa Arab, Hasil Belajar, Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organisasi Siswa Pesantren El-Alamia (OSPELA) terhadap hasil belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren EL-Alamia Bogor. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Dengan sampel yang berjumlah 40 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, pertama kelompok kontrol yang kedua kelompok eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan test. Adapun test yang digunakan berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan desaign  Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI mata pelajaran bahasa Arab di kelas eksperimen yang mengikuti organisasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81.75 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78.25, maka bisa dikatakan terdapat pengaruh organisasi OSPELA terhadap hasil belajar Bahasa Arab secara signifikan. yang diperoleh dari koofesian nilai dari uji t sebesar sebesar 0.423 Maka t hitung 5.150 > t tabel 0.423. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Organisasi Siswa Pesantren El-Alamia (OSPELA) terhadap hasil belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren EL-Alamia Bogor.

 

Kata Kunci: Bahasa Arab, Hasil Belajar, Organisasi

References

Abdillah, F. (2020). Manajemen Oeganisasi Pendidikan Kejuruan. Jember, Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif.

Ahmadiyanto. (2016 ). Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran KO-RUF-SI (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakayat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Kelas VIIIC SMPN 1 Lamphiong . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan : Volume 6, Nomor 2, November 2016 , 984.

Baso, S. M. (2019). Bahasa Arab Bahasa Al-Qur'an.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi , 187-103.

Makinudin, M. (2017). Bahasa Arab Sebagai Kekhasan Pesantren Dan Tantangannya Dalam Situasi Global. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education.

Musaropah, U. (2018). Kharisma Kyai Dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1.

Noor, F. (2018). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Bahasa Arab, Vol. 2, No. 1, 2018, 12-15.

Septian, K. d. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1142.

Sholehun, L. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhamadiyah Majaran Kabupaten Sorong. 68.

Suryaningsih, R. (2021). Pentingnya Organisasi Sekolah Bagi Pembangunan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora, 52.

Syafe'i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Islam , 86.

Syofian, S. (2013). Metode penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-06

How to Cite

Heqal, N., Indra, H., & Yono, Y. (2023). PENGARUH ORGANISASI SISWA PESANTREN EL-ALAMIA (OSPELA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTEN EL-ALAMIA BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 128–142. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/8599