Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam pengembangan keprofesionalan guru di Madrasah

Authors

  • Prita Indriawati
  • Afifah Nabila Ramadhani Universitas Balikpapan
  • Dina Aryani
  • Revina Ananda

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075

Keywords:

Guru, Organisasi Profesi, Kelompok Kerja Guru

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan formal untuk memberikan pondasi awal pada peserta didik. Oleh karena itu diperlukan guru profesional untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Tanggung jawab dalam mengembangkan profesi pada dasarnya adalah tuntutan dan panggilan untuk selalu mencintai, menghargai, menjaga dan meningkatkan tugas dan tanggung jawab profesinya. Penguatan Kelompok Kerja Guru (KKG) merupakan salah satu bagian dari upaya peningkatan mutu guru. Untuk itu keberadaan KKG perlu diberdayakan secara optimal, terorganisir dan berkesinambungan oleh para Guru. Penelitian ini membahas mengenai analisis pengembangan keprofesionalan Guru melalui organisasi profesi kelompok kerja guru (KKG). Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana KKG berperan penting bagi keprofesionalan guru di Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan Ibu Rini Badriyah selaku guru di MI. Asysyahadah dan merupakan anggota inti KKG-MI di Balikpapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KKG sangat berperan penting dalam membantu peningkatan keprofesionalan guru Madrasah di Balikpapan.

References

Al-Azhar, S., & Gresik, M. (2021). RELASI PROFESI GURU DAN ORGANISASI GURU SEBAGAI HAK WARGA NEGARA Pristiwiyanto. In Journal Elmentary Education P.Issn (Vol. 1, Issue 1).

Al-Azhar, S., & Gresik, M. (2021). RELASI PROFESI GURU DAN ORGANISASI GURU SEBAGAI HAK WARGA NEGARA Pristiwiyanto. In Journal Elmentary Education P.Issn (Vol. 1, Issue 1).

E. Mulyasa. (2013). uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. In uji kompetensi dan penilaian kinerja guru.

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26

Jawab, D. A. N. T., & Darmadi, H. (n.d.). MENJADI GURU PROFESIONAL diperbincangkan , karena guru merupakan sumber kunci keberhasilan pendidikan . didik yang menyangkut berbagai aspek yang bersifat manusiawi yang unik dalam. 161–174.

Khadijah, I. (n.d.). Definisi Dan Etika Profesi Guru.

Yudia Fauzi, F., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Ppkn Unj Online, 1, 1–15. http://skripsippknunj.org

Rasyid, H. Al. (2017). Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan.

Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru (Vol. 4).

Mustofa, -. (2012). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 76–88. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619

Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Indriawati, P., Ramadhani, A. N., Aryani, D., & Ananda, R. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam pengembangan keprofesionalan guru di Madrasah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 73–77. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075