IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMKN 2 KOTA BOGOR

Authors

  • Neneng Hermawati SMK Negeri 2 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9377

Keywords:

Make a Match, hasil belajar, Produk Kreatif, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Biaya Produksi di kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik tentang materi Biaya Produksi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Biaya Produksi setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match  dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Kelas XI TKPC SMK Negeri  2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match  hasil belajar peserta didik hanya  memiliki nilai rata-rata 65.00, siklus pertama meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 76.00 meningkat lagi di siklus ke-dua dengan perolehan nilai atau hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 79.69, dan di siklus ke-tiga nilai rata-rata peserta didik meningkat lagi menjadi 85.16. Selain hasil belajar peserta didik yang meningkat, terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dengan materi Biaya Produksi. Perolehan prosentase pada siklus pertama sebesar 56.57% (cukup aktif),  perolehan prosentase pada siklus ke-dua sebesar 78.75%  (aktif), dan perolehan prosentase pada siklus ke-tiga sbesar 94.06% (sangat aktif). Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan aktivitas peserta didik dalam ketiga  siklus tersebut.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta. PT Grasindo.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Bambang Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta. BPFE

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar Jakarta. Grasindo

http://dreamerahkk8.blogspot.co.id/2016/01/ pengertian-Produk Kreatif dan kewirausahaan html (dikutif tgl 12 Maret 2017

Impres No 5 tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan kewirausahaan

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabet

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. 2015. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI. Jakarta

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Rafika Aditama. Jakarta.

Mardiyatmo. 2008. Kewirausahaan Untuk Kelas XI SMK. Jakarta. Yudhistira

Mihtahul Huda. 2011. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Mulyasa, Enco, 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet, Ke-8

Ngalimun 2016 Psikologi Perkembangan Konsep Dasar Perkembangan Kreativitas. Yogyakarta. K_Media

Oemar Hamalik 2004 Proses belajar Mengajar Jakarta. PT Bumi Aksara

Riyanto, yatim. 2009. "Paradigma Baru Pembalajaran”. Jakarta : Kencana. Prenada media

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Solehudin, T. (2019). Using Prezi based on Cloud Syste Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah: Studi Kasus di SMPN 1 Cibungbulang. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9.

Solehudin, T., & Eranata, S. (2019). STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH DAN ABUDDIN NATA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(9), 1257-1271.

Solehudin, T., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 163-171.

Solihatin 2009 Cooperative learning: analisis model pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya

Sukayati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika,

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Hermawati, N. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMKN 2 KOTA BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 38–50. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9377