Pemilihan Metode Pembayaran Menggunakan Termin dan Turnkey pada Proyek Kontruksi di Banda Aceh

Authors

  • Kemala Hayati Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Andra Okta Mariska Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Aldina Fatimah Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.9142

Abstract

Pada proyek konstruksi, realisasi penerimaan pekerjaan ditentukan oleh cara pembayaran yang telah ditetapkan dalam surat perjanjian (kontrak) konstruksi, sistem pembayaran ada 2 jenis yaitu sistem pembayaran termin dan turnkey, dimana sistem pembayaran ini dibedakan berdasarkan cara pembayarannya yang terdiri dari termin pembayaran secara bertahap dan turnkey pembayaran yang dilakukan setelah pekerjaan selesai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan ancaman dan peluang yang dapat merugikan kontraktor dalam pemilihan sistem pembayaran antara sistem pembayaran termin dan turnkey yang berpengaruh pada  proyek dengan kontrak design-bid-build di Kota Banda Aceh, sumber data dalam penulisan ini menggunakan dua jenis, yaitu: data primer dan data sekunder, penelitian ini menggunakan metode Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) dan data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan, yaitu data kuisioner yang akan disebarkan kepada kontraktor, konsultan dan anggota tim proyek, data sekunder adalah data yang diperoleh dari jawaban responden yaitu perusahaan pelaksana yang berdomisili di Banda Aceh, dari hasil pengujian validitas dan realibilitas yang diperoleh, nilai rata rata dari uji validasi  setiap variabel adalah 0,444. Dan untuk uji reliabilitas r hasil= 0,753 > r tabel = 0,2786, dari hasil uji validasi terdapat 4 pernyataan yang tidak valid. Dalam pengujian analisis pembayaran termin dan turnkey menggunakan analisis SWOT diperoleh bahwa sistem pembayaran termin didapatkan nilai x = -0,15 dan y = -0,4 yang berada di kuadran IV, dimana merupakan situasi yang tidak menguntungkan dari berbagai ancaman dan kelemahan internal dan eksternal. Sedangkan pembayaran turnkey memperoleh nilai x = -0,07 dan y = 0,02 berada pada kuadran III, dimana merupakan situasi mampu memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengoptimalkan ancaman dan kelemahan yang akan terjadi.

Author Biographies

Kemala Hayati, Universitas Muhammadiyah Aceh

google scholar : https://scholar.google.com/citations?user=gL-iZ0kAAAAJ&hl=id Scopus Id: 57194653291 Sinta Id: 6673000

Andra Okta Mariska, Universitas Muhammadiyah Aceh

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Aceh

Aldina Fatimah, Universitas Muhammadiyah Aceh

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Aceh

References

Achmadi & Narbuko. (2004). Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.

Agus, B, S & M. Arif, S. (2019). Manajemen Proyek, Penerbit CV. Pilar Nusantara.

Alan, S. (2016) SWOT Analysis, A Quide to SWOT for Business Studies Student, www.leadership-library.co.uk.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian, PT.Asdi, Jakarta.

Astri, A. P. (2021). Analisa Kontrak Proyek Konstruksi di Indonesia, Universitas HKPB Nonmensen, http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5206.

Fajri, I & Triwuryanto. (2020). The Effect of Performance of Project Implementation with a Payment System Based on Termin in Building Construction Projects in DIY Province. Civil Engineering, Enviromental, Disaster and Risk Management Symposium, Yogyakarta.

Putu, D. (2012). Analisis Penggunaan Modal Kerja dengan Metode Rentabilitas pada CV. Mulya Karya pada Pproyek dengan Sistem Pembayaran Termin dan Turnkey. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16, No. 1, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar.

Dyson, R. G. (2004). Strategic Development and SWOT Analysis at The University of Warwick, European Journal of Operational Research, Volume 152, Issue 3.

Tony, G. (2008) An Assessment of Turn-key Contracts for the Realisation of Capital Works Projects Principally for Public Sector Healthcare Facilities. The United States Agency for International Development.

Wijayaningtyas. (2019). Manajemen Konstruksi. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Published

2023-02-06

How to Cite

Hayati, K., Mariska, A. O., & Fatimah, A. (2023). Pemilihan Metode Pembayaran Menggunakan Termin dan Turnkey pada Proyek Kontruksi di Banda Aceh. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.9142

Issue

Section

Articles