Studi Tingkat Kepuasan Masyarakat Akan Layanan Buy The Service Biskita Trans Pakuan Di Kota Bogor Koridor 1
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v9i2.17483Kata Kunci:
Biskita Transpakuan , Standar Pelayanan Minimal, Indeks Kepuasan Pelanggan, Analisis Kinerja dan KepentinganAbstrak
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa pelanggan yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Pengukuran kinerja merupakan metode yang digunakan untuk memberikan penilaian seberapa besar tingkat prestasi kerja atau capaian tujuan dan sasaran yang telah ditentukan. Buy The Service (BTS) adalah skema subsidi pembelian layanan oleh pemerintah kepada pihak operator (swasta) dalam hal memberikan pelayanan angkutan umum dengan standar pelayanan minimal yang harus dilaksanakan. Transpakuan resmi dioperasikan sejak 2 November 2021, melayani 4 koridor dengan total 49 armada. Salah satunya adalah koridor 1 (Terminal Laladon – Cidangiang). Penilaian kepuasan diperlukan untuk melihat apakah pelanggan Biskita Transpakuan Bogor sudah puas dengan pelayanan. Indikator yang digunakan dalam evaluasi mengacu dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat dan tingkat kinerja layanan Buy The Service (BTS) Biskita Transpakuan Koridor 1 menggunakan metode Importance Performance Analysis & metode Customer Satisfaction Index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) atribut menunjukkan konsumen sudah puas dan harus dipertahankan prestasinya. Terdapat 6 dinilai biasa dan 7 (tujuh) atribut dinilai berlebihan. Hasil CSI menunjukkan nilai 72,79% berada pada selang 0,51–0,65, artinya secara umum konsumen bus Trans Pakuan berada pada kategori puas, sehingga kinerja Trans Pakuan secara keseluruhan dinilai sudah baik. Berdasakan metode Importance Satisfaction Analysis menunjukkan bahwa aspek yang perlu menjadi prioritas penanganan adalah kenyamanan fasilitas kebersihan di halte, waktu tunggu, informasi waktu kedatangan mobil bus dan informasi gangguan perjalanan bus.
Referensi
Ariostar, A., Muttaqin, A. W., Adriadi, A., Andiyan, A., & Irawan, S. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bus Trans Metro Bandung Koridor 1. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.32832/komposit.v6i1.6697
Budiyati, R. (2010). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Transportasi Trans Pakuan Bogor pada Periode 2008-2009. Skripsi. IPB University. Bogor. Tidak dipublikasikan. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62688?show=full
Ginting, K. A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang terhadap Pelayanan Bus Trans Metro Deli Rute Medan Tuntungan-Lapangan Merdeka. Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area. https://doi.org/10.31289/jitas.v1i2.1453
Hafiz, A. A., & Andani, I. G. A. (2024). Analisis Kinerja dan Kepentingan Moda Angkutan Bus dan Mobil Travel Agent Rute Simpang Empat–Kota Padang. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil, 8(1), 31-37. http://dx.doi.org/10.32832/komposit.v8i1.14863
Hafid, D. M., Badaron S. F., & Syafei, I. (2022). Studi Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Teman Bus Koridor IV Kampus Teknik Unhas Gowa-Mall Panakkukang di Kota Makassar. Jurnal Konstruksi: Teknik, Infrastruktur dan Sains, 1(6), 9-19. https://pasca-umi.ac.id/index.php/kons/article/view/1096/1243
Husein, U. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (2020). Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 1057 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pemberian Subsidi Angkutan Penumpang Umum pada Kawasan Strategis Nasional.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran (Terjemahan, Jilid 1). PT. Prenhallindo, Jakarta.
Murtejo, T., Muhajir, A., Alimuddin, A., & Chayati, N. (2023). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trans Pakuan Trayek Terminal Bubulak via Cidangiang – Ciawi di Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 61–68. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.7367
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Dalam Trayek. Indonesia: Menteri Perhubungan.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan.
Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 9 Tahun 2020 tentang Pemberian Subsidi Angkutan Penumpang Umum Perkotaan
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2012
Putri, D. A. P. A. G., & Putrawan, N. W. K. V. P. (2025). Integrasi Sistem Transportasi Publik sebagai Penunjang Sektor Pariwisata Badung Selatan. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 9(1), 215–223. https://doi.org/10.32832/komposit.v9i1.16622
Rangkuti, F. (1997). Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti, F. (2003). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Savitri, A., Murtejo, T., & Rulhendri, R. (2020). Kajian Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Kinerja Trans Pakuan Bogor (Studi kasus: Pelayanan di Halte dan Pelayanan di dalam Bus Trans Pakuan Bogor). Astonjadro, 6(2), 97–103. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2266
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.png)









