Pengaruh Penerapan Kebijakan Low Emission Zone terhadap Perubahan Perilaku Perjalanan Komuter di Kawasan Kotatua Jakarta

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.14718

Kata Kunci:

Logit biner, pemilihan moda, Low Emission Zone

Abstrak

Sejalan dengan pertumbuhan penduduk DKI Jakarta yang semakin meningkat maka semakin meningkat pula kebutuhan akan layanan transportasi. Hal ini mengakibatkan terdapat pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor, tingginya jumlah kendaraan pribadi di DKI Jakarta menyebabkan banyaknya permasalahan transportasi sekaligus akan meningkatkan jumlah zat pencemar udara yang dapat mencemari udara dan berdampak negatif terhadap lingkungan dan kualitas udara, salah satu kebijakan pemerintah yang mulai diterapkan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sekaligus mengurangi polusi udara adalah penerapan kebijakan Low Emission Zone (LEZ).di Kawasan Kotatua Jakarta, dengan adanya kebijakan ini diharapkan masyarakat akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan dan berpindah menggunakan transportasi umum.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kebijakan LEZ terhadap perubahan perilaku perjalanan dan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi preferensi pemilihan moda menggunakan metode regresi logit biner, setelah pemberlakuan kebijakan LEZ terdapat perubahan perilaku perjalanan komuter di kawasan Kotatua antara lain persentase responden yang berasal dari Jakarta Barat meningkat sebesar 7%, terdapat perpindahan moda dominan yang digunakan responden dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sebanyak 21,42% terlihat pula bahwa pemakaian kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil pribadi menurun dari 62,14% menjadi 42,85%, terdapat penurunan biaya perjalanan dan peningkatan waktu perjalanan sedangkan faktor – faktor yang mempengaruhi preferensi pemilihan moda antara lain tingkat pendidikan, pendapatan, pola perjalanan dan biaya perjalanan.

Referensi

Argarisma, A., & Naipospos, B. P. (2023). Peningkatan Penggunaan Moda Non-Motorized Transport dengan Stated Preference pada Pelajar Sekolah Menengah Negeri Jakarta Pusat. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(2), 183–191. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i2.14520

Cass, N., Faulconbridge, J. (2016). Commuting Practices: New Insights into Modal Shift from Theories of Social Practice. Transport Policy 45, 1-14. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2015.08.002

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). Sage Publications, Inc.

Broaddus, A. (2010). Pelayanan Konsultasi Kebijakan Transportasi. Eschborn:GTZ CAF.2014. Edinburghtrams.

Dell’Olio, L., Ibeas, A., Cecín, P. (2010). Modelling User Perception of Bus Transit Quality. Transport Policy (2010) 17(6) 388-397. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2010.04.006

Hosmer, D., Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression, Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Manheim, M. L. (1979). Fundamentals of Transportation System Analysis, Volume 1, Basic Concept. The MIT Press: Cambridge.

Meyer, M. D., & Miller, E. J. (2001). Urban transportation planning: A decision- oriented approach. Boston: McGraw-Hill.

Ortúzar, J,. Willumsen, L. (2011). Modelling Transport. New Jersey: John Wiley & Sons.

Piras, F., Sottile, E., et.al. (2022). Does the Joint Implementation of Hard and Soft Transportation Policies Lead to Travel Behavior Change? An Experimental Analysis. Research in Transportation Economics, 95, 101233. https://doi.org/10.1016/j.retrec.2022.101233

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamin, O. Z. (1997), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung: ITB.

Tarriño-Ortiz. J., Gómez, J., et.al. (2022). Analyzing the Impact of Low Emission Zones on Modal Shift. Sustainable Cities and Society, 77, 103562. https://doi.org/10.1016/j.scs.2021.103562

Tögel, M., Špička, L. (2014). Low-Emission Zones in European Countries. Transactions on Transport Sciences, 7(3) 97-108. DOI:10.2478/trans-2014-0007

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

Syafitri, A. S., & Dirgahayani, P. (2024). Pengaruh Penerapan Kebijakan Low Emission Zone terhadap Perubahan Perilaku Perjalanan Komuter di Kawasan Kotatua Jakarta. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.14718

Terbitan

Bagian

Articles