Analisis Kinerja dan Kepentingan Moda Angkutan Bus dan Mobil Travel Agent Rute Simpang Empat – Kota Padang

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.14863

Kata Kunci:

Importance Performance of Analysis (IPA), Revealed Preference, Angkutan Umum, Kinerja, Kepentingan

Abstrak

Upaya untuk memperbaiki layanan transportasi umum di Kabupaten Pasaman Barat khususnya di Simpang Empat perlu dilakukan mengingat bertambahnya jumlah penduduknya tiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pandangan masyarakat Simpang Empat mengenai kinerja dan tingkat kepentingan moda angkutan bus dan mobil travel agent dengan rute Simpang Empat -  Kota Padang. Sampel penelitian adalah masyarakat Simpang Empat dengan random sampling sebanyak 174 responden. Metode analisis menggunakan statistik deskriptif dan Importance Performance of Analysis (IPA) dengan variabel refealed preference. Untuk moda angkutan bus didapatkan tingkat kinerja tertinggi yaitu atribut ke-11, sopir ramah kepada penumpang dan atribut ke-9 yaitu adanya larangan merokok di dalam kendaraan memiliki tingkat kinerja paling rendah. Sedangkan tingkat kepentingan tertingginya adalah atribut ke-7 yaitu sopir mengemudi dengan tertib (tidak ugal-ugalan) dan tingkat kepentingan terendah adalah atribut ke-16 yaitu tersedianya informasi pelayanan jadwal keberangkatan. Kemudian untuk moda angkutan mobil travel agent, atribut ke-11 yaitu sopir ramah kepada penumpang merupakan tingkat kinerja tertinggi dan tingkat kinerja yang paling rendah yaitu atribut ke-18, ketepatan waktu angkutan pada jadwal keberangkatan dan kedatangan. Untuk tingkat kepentingan tertinggi adalah atribut ke-7 yaitu sopir mengemudi dengan tertib (tidak ugal-ugalan) dan tingkat kepentingan terendah adalah atribut ke-19 dan 20 yaitu tersedianya kursi prioritas bagi lansia atau ibu hamil dan penyandang disabilitas dapat menggunakan angkutan dengan baik.

Referensi

Andriana, A., Anggraini, R., & Sugiarto, S. (2019). Analisis Karakteristik Responden dan Atribut Perjalanan terhadap Pemilihan Moda Angkutan Umum Rute Banda Aceh – Tapaktuan. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 2(4), 294-305. https://doi.org/10.24815/jarsp.v2i4.14946

Arifin, M. A., Gemina, D., & Silaningsih, E. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang pada Fasilitas Pelayanan Bus Transjakarta Berbasis Standar Pelayanan Minimal (SPM). Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 104–121. https://doi.org/10.30997/jsh.v6i2.505

Ariostar, A., Muttaqin, A. W., Adriadi, A., Andiyan, A., & Irawan, S. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bus Trans Metro Bandung Koridor 1. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.32832/komposit.v6i1.6697

Bakri, M. D., Syarif, I. A., Prihartanto, E., & Hernadi, A. (2021). Study of Economic Class Passenger Rates for People Transportation Travel in North Kalimantan Province. Astonjadro, 10(2), 308–321. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v10i2.5236

BPS Kabupaten Pasaman Barat. (2022). Kabupaten Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat Dalam Angka 2022. Kabupaten Pasaman Barat: Badan Pusat Statistik

Murtejo, T., Muhajir, A., Alimuddin, A., & Chayati, N. (2023). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trans Pakuan Trayek Terminal Bubulak via Cidangiang – Ciawi di Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 61–68. https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.7367

Peraturan Menteri Republik Indonesia. (2015). Undang-Undang Nomor 22 tahun 2015 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ramos, É. M. S., Bergstad, C. J., & Nässén, J. (2020). Understanding Daily Car Use: Driving Habits, Motives, Attitudes, and Norms Across Trip Purposes. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 68, 306–315. https://doi.org/10.1016/j.trf.2019.11.013

Rosidah, I. (2020). Evaluasi Kinerja Bus Ja Connexion Rute Bubulak – Bandara Soekarno Hatta. Astonjadro, 7(1), 12–17. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i1.2274

Savitri, A., Murtejo, T., & Rulhendri, R. (2020). Kajian Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Kinerja Transpakuan Bogor (Studi kasus: Pelayanan di Halte dan Pelayanan di dalam Bus Transpakuan Bogor). ASTONJADRO, 6(2), 97–103. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2266

Sugiyono, S. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2019). Service Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Rohaeni, H. & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Customer. Ecodemica Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2 (2), 314-315. https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4503

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

Hafiz, A. A., & Andani, I. G. A. (2024). Analisis Kinerja dan Kepentingan Moda Angkutan Bus dan Mobil Travel Agent Rute Simpang Empat – Kota Padang. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 8(1), 31–37. https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.14863

Terbitan

Bagian

Articles