Analisis Regresi Logistik Multinomial pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Penumpang (Studi Kasus Penumpang Bogor terhadap Perubahan Stasiun Manggarai)
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.15077Kata Kunci:
perilaku perjalanan, Stasiun Manggarai, chi-square, multinomilal logit, komuter BogorAbstrak
Stasiun Manggarai direncanakan menjadi hub transportasi publik di Jakarta. Kereta rel listrik (KRL) merupakan salah satu moda yang ditawarkan pada hub tersebut dan telah melayani perjalanan dan menjadi moda favorit komuter Jabodetabek. Perencanaan yang dilakukan memerlukan transisi switch over, sehingga memberikan dampak pada Stasiun Manggarai berupa perubahan rute dan bentuk infrastruktur. Hal ini pun berimbas pada perilaku perjalanan komuter. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang berhubungan dan berpengaruh pada perilaku perjalanan komuter terhadap perubahan transit Stasiun Manggarai. Metode analisis chi-square dan multinomial logit dilakukan pada sampel sebanyak 400 komuter melalui data kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan perubahan perilaku penumpang adalah status pernikahan, pendidikan terakhir, pendapatan individu, lokasi tempat tinggal, jumlah mobil dan motor yang dimiliki, stasiun asal, moda alternatif yang digunakan, jalur tujuan, frekuensi transit, frekuensi perjalanan, waktu tunggu, waktu perjalanan keseluruhan, waktu perjalanan KRL, moda yang digunakan dan perubahan perilaku penumpang lain. Serta faktor yang berpengaruh signifikan sebesar 34,6% terhadap perubahan perilaku perjalanan komuter adalah lokasi tempat tinggal (Kota Bogor), stasiun asal (Stasiun Cilebut dan Stasiun Bojong Gede), moda yang digunakan (transportasi publik), waktu perjalanan KRL (100-199 menit) dan kesadaran perubahan perilaku penumpang lain. Sedangkan, 65,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel bebas diluar penelitian.
Referensi
Adelé S, Tréfond-Alexandre S, Dionisio C., Hoyau P. (2019). Exploring the behavior of suburban train users in the event of disruptions. Transportation Research Part F, 65 (2019): 344–362. https://doi.org/10.1016/j.trf.2019.08.009
Artiani, G. P., Oktaviani, T., & Tantri, N. (2022). Evaluasi Kinerja Stasiun Manggarai Akibat Perubahan Jalur Transit terhadap Kepuasan Penumpang. Jurnal Forum Mekanika, 11(2), 113-127. https://doi.org/10.33322/forummekanika.v11i2.1835
Currie G, Muir C. (2017). Understanding Passenger Perceptions and Behaviors During Unplanned Rail Disruptions. Transportation Research Procedia, Vol. 25: 4396-4406. 10.1016/j.trpro.2017.05.322.
Ehsan R, Shamshiripou A, Shabanpour R, Mohammadian AK, Auld J. (2020). Analysis of Transit Users’ Response Behavior in Case of Unplanned Service Disruptions. Transportation Research Record 2020, Vol. 2674 (3) 258–271. https://doi.org/10.1177/036119812091192
Jayanti, T. B. (2017). Kajian Eksisting Kawasan Stasiun Manggarai Terhadap Rencana Penataan Kawasan Berbasis TOD. Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia, 6, E007-E014. https://doi.org/10.32315/ti.6.e007
KumparanNews. (2023). Cerita Penumpang KRL Rela Resign Demi Hindari Transit di Manggarai.https://kumparan.com/kumparannews/cerita-penumpang-krl-rela-resign-demi-hindari-transit-di-manggarai-1znKxN6SrzK
KumparanNews. (2023). Stasiun Manggarai Semrawut, Mau Sampai Kapan?. https://kumparan.com/kumparannews/stasiun-manggarai-semrawut-mau-sampai-kapan-1znNLFJJuYY/3
Masud, H. (2018). Travel Behavior Reactions to Transit Services Disruptions: A Case Study on The Washington D.C. Metro Safetrack Project. George Mason University.
Murray-Tuite P, Wernstedt K, Yin W. (2014). Behavioral shifts after a fatal rapid transit accident: A multinomial logit model. Transportation Research, Vol:24 (2014), 218–230.
PT. Kereta Commuter Indonesia. (2022). Peta Rute. https://commuterline.id/perjalanan-krl/peta-rute
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tiara, O. S., & Widyastuti, D. T. (2018). Konektivitas Intermoda pada Pengembangan Stasiun Manggarai yang Berbasis Transit Oriented Development. Jurnal Transportasi Multimoda, 15(2), 89-100. DOI: 10.25104/mtm.v15i2.764
TvOne. (2023). Crowded Parah, Penampakan Stasiun Manggarai. Kabar Petang tvOne. https://www.youtube.com/watch?v=XVrmgGh10gc
Zahira, N. (2023). Cerita Penumpang KRL Transit di Stasiun Manggarai: Lelah dan Was-was. Katadata. https://katadata.co.id/tiakomalasari/berita/63e77bf48e7a0/cerita-penumpang-krl-transit-di-stasiun-manggarai-lelah-dan-was-was
Zhu, S & Levinson D. (2011). Disruptions to Transportation Networks: A Review. University of Minnesota Digital Conservancy. https://hdl.handle.net/11299/180005
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.