Evaluasi Kinerja Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.15086Abstrak
Tasikmalaya memiliki Terminal Indihiang, sebuah terminal Tipe A yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya dan dibangun pada tahun 2005 dibawah pengelolaan kementerian perhubungan dan transportasi. Terminal ini ditemukan permasalahan yang mendasar di Terminal Indihiang yaitu sepi penumpang hal ini berlangsung sudah sejak lama. Sejumlah penumpang lebih memilih berangkat dan turun di pool bus atau jalan umum ketimbang di terminal. Tujuan penelilitian mengevaluasi kinerja terminal. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Simple Additive Weighting (SAW). Sampel penelitian sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 64 orang. Hasil penelitian berdasarkan metode IPA fasilitas yang perlu di prioritas ada 14 fasilitas untuk di prioritaskan karena diatas gari iso rating. Kesimpulan lokasi, aksesibilitas dan angkutan lanjutan ke ataupun keluar dari terminal Indihiang Kota Tasikmalaya menjadi hal yang perlu ditingkatkan kembali dan Sistem operasional bus dalam hal menaik turunkan penumpang perlu untuk diatur kembali agar bus menaik turunkan penumpang di terminal
Referensi
Adji, B. (2019, Desember 26). Kenaikan Penumpang di Terminal Indihiang tak Signifikan. Republika Online. https://republika.co.id/share/q340lq370
Alhamidi, R. (2022, April 6). PO Budiman Langgar Aturan Kemenhub, Balai Ancam Cabut Izin Trayek. detikjabar. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6018893/po-budiman-langgar-aturan-kemenhub-balai-ancam-cabut-izin-trayek
Andini, M., Waloejo, B. S., & Hariyani, S. (2021). Evaluasi Kinerja Terminal Bayuangga Kota Probolinggo. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 10(4), Article 4. https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/45
Arifianto, B. (2018, Oktober 23). Terminal Terluas Se-Jawa Barat Tidak Berfungsi Optimal—Pikiran-Rakyat.com. https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01302595/terminal-terluas-se-jawa-barat-tidak-berfungsi-optimal-432082
Ersilya, L., & Herwangi, Y. (2022). Evaluasi Kinerja Terminal Warumusio Sebagai Terminal Regional Baru di Kota Baubau: Jurnal Sinar Manajemen, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.2626
Fudla, D. V., Maimunah, S., & Baharuddin, A. (2021). Evaluasi Kinerja Terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52920/jttl.v2i`1.31
Hajar, I., Deva Bernadhi, B., & Sukendar, I. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) [Universitas Islam Sultan Agung]. http://repository.unissula.ac.id/16147/
Kemenhub RI. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Angkutan Jalan. Republik Indonesia. http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM_132_Tahun_2015.pdf
Kemenhub RI. (2021). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesianomor Pm 52 Tahun 2021 Tentang Terminal Khusus Dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri. Republik Indonesia. http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2021/pm_52_tahun_2021new.pdf
Mentari, & Ritohardoyo, S. (2015). Kualitas Pelayanan Terminal Giwangan Dan Tirtonadi Berdasar Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan (Kasus: Yogyakrta Dan Surakarta). https://www.neliti.com/id/publications/228307/kualitas-pelayanan-terminal-giwangan-dan-tirtonadi-berdasar-pada-tingkat-kepuasa
Meutia, W., Rudrokasworo, S. N., Wibowo, S. S., & Tinumbia, N. (2018). Model Sirkulasi Terminal Tipe A (Studi Kasus Terminal Indihiang, Tasikmalaya). https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/434
Murtejo, T., Muhajir, A., & Chayati, N. (2023). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trans Pakuan Trayek Terminal Bubulak via Cidangiang – Ciawi di Kota Bogor. 7(1). https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.7367
Prasetya Utama, O. W., Arifin, M. Z., & Wicaksono, A. (2014). Evaluasi Kinerja Terminal Induk Kota Bekasi (Nomor 3) [Journal:eArticle, Brawijaya University]. https://www.neliti.com/publications/117498/
Prima, G. R. (2020). Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Angkutan Umum Perkotaan di Kota Tasikmalaya. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 129–140. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4809
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.