Evaluasi Kinerja Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya

Penulis

  • Nurmela Malyasari Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Sri Hendarto Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Didin Kusdian Universitas Sangga Buana YPKP Bandung https://orcid.org/0000-0002-9482-6369

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.15086

Abstrak

Tasikmalaya memiliki Terminal Indihiang, sebuah terminal Tipe A yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya dan dibangun pada tahun 2005 dibawah pengelolaan kementerian perhubungan dan transportasi. Terminal ini ditemukan permasalahan yang mendasar di Terminal Indihiang yaitu sepi penumpang hal ini berlangsung sudah sejak lama. Sejumlah penumpang lebih memilih berangkat dan turun di pool bus atau jalan umum ketimbang di terminal. Tujuan penelilitian mengevaluasi kinerja terminal. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Simple Additive Weighting (SAW). Sampel penelitian sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 64 orang. Hasil penelitian berdasarkan metode IPA fasilitas yang perlu di prioritas ada 14 fasilitas untuk di prioritaskan karena diatas gari iso rating.  Kesimpulan lokasi, aksesibilitas dan angkutan lanjutan ke ataupun keluar dari terminal Indihiang Kota Tasikmalaya menjadi hal yang perlu ditingkatkan kembali dan Sistem operasional bus dalam hal menaik turunkan penumpang perlu untuk diatur kembali agar bus menaik turunkan penumpang di terminal

Referensi

Adji, B. (2019, Desember 26). Kenaikan Penumpang di Terminal Indihiang tak Signifikan. Republika Online. https://republika.co.id/share/q340lq370

Alhamidi, R. (2022, April 6). PO Budiman Langgar Aturan Kemenhub, Balai Ancam Cabut Izin Trayek. detikjabar. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6018893/po-budiman-langgar-aturan-kemenhub-balai-ancam-cabut-izin-trayek

Andini, M., Waloejo, B. S., & Hariyani, S. (2021). Evaluasi Kinerja Terminal Bayuangga Kota Probolinggo. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 10(4), Article 4. https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/45

Arifianto, B. (2018, Oktober 23). Terminal Terluas Se-Jawa Barat Tidak Berfungsi Optimal—Pikiran-Rakyat.com. https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01302595/terminal-terluas-se-jawa-barat-tidak-berfungsi-optimal-432082

Ersilya, L., & Herwangi, Y. (2022). Evaluasi Kinerja Terminal Warumusio Sebagai Terminal Regional Baru di Kota Baubau: Jurnal Sinar Manajemen, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.2626

Fudla, D. V., Maimunah, S., & Baharuddin, A. (2021). Evaluasi Kinerja Terminal Leuwipanjang Kota Bandung. Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52920/jttl.v2i`1.31

Hajar, I., Deva Bernadhi, B., & Sukendar, I. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) [Universitas Islam Sultan Agung]. http://repository.unissula.ac.id/16147/

Kemenhub RI. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Angkutan Jalan. Republik Indonesia. http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM_132_Tahun_2015.pdf

Kemenhub RI. (2021). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesianomor Pm 52 Tahun 2021 Tentang Terminal Khusus Dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri. Republik Indonesia. http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2021/pm_52_tahun_2021new.pdf

Mentari, & Ritohardoyo, S. (2015). Kualitas Pelayanan Terminal Giwangan Dan Tirtonadi Berdasar Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan (Kasus: Yogyakrta Dan Surakarta). https://www.neliti.com/id/publications/228307/kualitas-pelayanan-terminal-giwangan-dan-tirtonadi-berdasar-pada-tingkat-kepuasa

Meutia, W., Rudrokasworo, S. N., Wibowo, S. S., & Tinumbia, N. (2018). Model Sirkulasi Terminal Tipe A (Studi Kasus Terminal Indihiang, Tasikmalaya). https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/434

Murtejo, T., Muhajir, A., & Chayati, N. (2023). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Trans Pakuan Trayek Terminal Bubulak via Cidangiang – Ciawi di Kota Bogor. 7(1). https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.7367

Prasetya Utama, O. W., Arifin, M. Z., & Wicaksono, A. (2014). Evaluasi Kinerja Terminal Induk Kota Bekasi (Nomor 3) [Journal:eArticle, Brawijaya University]. https://www.neliti.com/publications/117498/

Prima, G. R. (2020). Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Angkutan Umum Perkotaan di Kota Tasikmalaya. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 129–140. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4809

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

Malyasari, N., Hendarto, S., & Kusdian, D. (2024). Evaluasi Kinerja Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya . Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 8(1), 189–196. https://doi.org/10.32832/komposit.v8i1.15086

Terbitan

Bagian

Articles