Peningkatan Jalan Menggunakan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Ruas Jalan Letnan Sukarna Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.8031Abstrak
ABSTRAK: Jalan merupakan prasarana transportasi darat utama untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain bagi setiap pengguna lalu lintas yang melewatinya, sehingga volume kendaraan pada ruas jalan tersebut harus mampu didukung oleh perkerasan jalan yang memadai. Jalan Letnan Sukarna merupakan akses penghubung Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Ciampea. Kondisi eksisting jalan tersebut berupa perkerasan lentur (Flexible Pavement), namun ada beberapa titik yang dapat dikategorikan sebagai jalan yang rusak sedang hingga rusak berat. Kerusakan tersebut berupa retak memanjang (longitudinal cracking) dan lubang-lubang (pothole) yang disebabkan oleh beban kendaraan yang berlebih, tidak berfungsinya saluran drainase dengan baik dan curah hujan yang cukup tinggi. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan perhitungan perkerasan kaku menggunakan metode AASHTO 1993 dan Bina Marga 2003 pada ruas Jalan Letnan Sukarna, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data kondisi eksisting dan mengetahui perbandingan tebal perkerasan kaku. Dari hasil perhitungan Metode AASHTO 1993 didapat tebal perkerasan adalah 20 cm dengan sambungan melintang menggunakan dowel diameter 13 mm panjang 635 mm jarak 1117 mm, sambungan memanjang digunakan tie bar diameter 25 mm, panjang 450 mm dan jarak 300 mm, sedangkan dengan Metode Bina Marga 2003 didapatkan ketebalan 18 cm dengan sambungan melintang menggunakan dowel diameter 25 mm panjang 450 mm jarak 300 mm, sambungan memanjang digunakan tie bar diameter 16 mm, panjang 750 mm dan jarak 700 mm. Selisih ketebalan perkerasan yang didapat cukup kecil yaitu 2 cm. Hal ini dipengaruhi karena perbedaan parameter input dari kedua metode tersebut.
Referensi
Afrijal. A. (2010). Kajian Metoda Perencanaan Pelapisan Ulang Campuran Beraspal (AC) di Atas Perkerasan Beton. Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.
Ardiansyah, R., & Sudibyo, T. (2020). Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Lajur Pengganti pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. J-Sil (Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan), 5(1), 17-30.
Arthono, A., & Permana, V. A. (2022). Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Menggunakan Metode Analisa Komponen SNI 1732-1989-F Ruas Jalan Raya Mulya Sari Kecamatan Pamanukan Sampai Kecamatan Binong Kabupaten Subang Propinsi Jawa Barat. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 6(1), 41-51.
Awaludin, M. M., Lutfi, M., & Rulhendri, R. (2019). Studi Pengembangan Jalan Rigid Pavement, di Jalan Kumbang Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 3(2), 71-79.
Baharudin, S., & Rulhendri, R. (2020). Perencanaan Geometrik Jalan dan Tebal Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Garendong - Janala. Astonjadro: CEAESJ, 4(1), 29-35.
Basuki, H. (1986). Perkerasan Beton. Penerbit UGM, Yogyakarta.
Budiawan, T., Lutfi, M., & Rulhendri, R. (2021). Studi Pengembangan Jalan Rigid Pavement, pada Ruas Jalan Arzimar, Kota Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 5(1), 39-45.
Fakhruriza, M. P. (2016). Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku dengan Metode Bina Marga 2003 dan Metode AASHTO 1993 (Studi Kasus: Jalan Akses Tol Cilegon Barat). Simposium XIX FSTPT, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Fitriana, R. (2014). Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Tol Menggunakan Metode Bina Marga 2002 dan AASHTO 1993 (Studi Kasus: Ruas Jalan Tol Solo–Kertosono) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hidayatulloh, C., & Ariostar, A. (2022). Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Lentur Jalan Raya (Studi Kasus: Ruas Jalan Tarutung-Bts. Kabupaten Tapanuli Selatan). Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 5(2), 75-85.
Huang, Y. H. (2004). Pavement Analysis and Design. Second Edition, New Jersey: Pearson Education.
Irawan, S., Subagio, B., Hariyadi, E., & Gerardo, F. (2017). Evaluasi Struktural Perkerasan Kaku Menggunakan Metoda AASHTO 1993 dan Metoda AUSTROADS 2011 Studi Kasus: Jalan Cakung-Cilincing. Jurnal Teknik Sipil, 24(2), 173-182
.
Kustiadi, D. (2017). Studi Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Metode Bina Marga 2002 (Studi Kasus : Jl. Tegallega - Kota Bogor). Skripsi, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Bogor.
MKJI (1997). Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Bina Marga, Direktorat Jalan Kota. Jalan – No. 036/T/BM/1997.
Mubarak, M., Rulhendri, R., Syaiful. S. (2020) Perencanaan peningkatan perkerasan jalan beton pada ruas jalan Babakan Tengah Kabupaten Bogor. Astonjadro: CEASEJ, 9 (1), 1-13.
Nurdiansyah, dkk. (2016). Perencanaan Perkerasan dan Peningkatan Geometrik Jalan. Astonjadro: CEASEJ, 5 (1), 1-10.
Departmen Permukiman dan Prasarana Wilayah (2003) PD T-14-2003 Perencanaan Perkerasan Jalan beton Semen.
Prayudyanto, M. N., Alimuddin, A., Suhendra, A. (2023). Analisis Tebal Perkerasan Jalan dengan Metode AASHTO pada Kerusakan Ruas Jalan Cileungsi – Cinyosong Udik Kabupaten Bogor. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil, 7(1), 25-34
SKBI: 2.3.28.1998. (1998). Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan. Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bogor.
Tanda, P. R., & Ariostar, A. (2021, November). Perancangan Geometrik dan Perkerasan Ruas Jalan Cibugel-Garela. In Seminar Nasional Ketekniksipilan, Infrastruktur dan Industri Jasa Konstruksi (KIIJK) (Vol. 1, No. 1, pp. 119-126).
Zohri, S., Sutrisno, W., & Priyanto, A. (2019). Analisis Tebal Perkerasan Kaku Pada Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo Berdasarkan Metode Bina Marga (Manual Desain Perkerasan 2017) dan AASHTO (1993). Renovasi: Rekayasa dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), 33-41.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Sipil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.