Efektifitas Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan Achmad Adnawijaya Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/komposit.v7i1.8034Kata Kunci:
pita penggaduh, penurunan kecepatan, persimpangan jalanAbstrak
Abstrak: Pada masa kini, kebutuhan akan jalan yang harmonis telah menjadi sesuatu yang esensial mengingat pentingnya fungsi jalan, terutama jalan besar bagi masyarakat, dimana ketidak harmonisan ketika berkendara di jalan raya akan menciptakan efek berantai akan menghambat kegiatan di masyarakat. Mengingat penting adanya jalan yang harmonis karena itu diciptakan beberapa alat pengaman di jalan raya salah satunya adalah pita penggaduh (rumble stirps). Penelitian ini akan dilakukan di Jalan Achmad Adnawijaya Kota Bogor bertepatan dengan persimpangan arah putar balik, Jalur ini merupakan Jalan Achmad Adnawijaya memang bisa menjadi sebuah alternatif bagi anda yang sedang mencoba mengarah ke Utara atau Selatan Kota Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan stopwatch setelah itu dilakukan pencatatan waktu tempuh sesuai titik yang sudah di tentukan untuk mendapatkan data kecepatan kendaraan. Metode Statistik diperlukan untuk mengetahui seberapa signifikan perbedaan antara kecepatan sebelum pita penggaduh dan sesudah pita penggaduh. Data yang diperlukan adalah karakteristik lalu lintas, kapasitas jalan dan kecepatan kendaraan pada ruas jalan. Pada akhirnya didapatkan hasil kecepatan rata-rata lalu lintas kendaraan ringan sebelum pita penggaduh adalah 20 km/jam dan setelah pita penggaduh 13 km/jam untuk kendaraan berat kecepatan sebelum pita penggaduh adalah 14 km/jam dan setelah pita penggaduh 12 km/jam dan untuk kendaraan ringan kecepatan sebelum pita penggaduh adalah 29 km/jam dan setelah pita penggaduh adalah 16 km/jam dan untuk besar pengaruh pita penggaduh dalam mereduksi kecepatan kendaraan ringan sebesar 34% untuk kecepatan kendaraan berat hanya 18% dan untuk kendaraan motor sebesar 39%
Referensi
Albarqi, K. (2020) Pengaruh Rumble Strips (Pita Penggaduh) Terhadap Kecepatan Kendaraan di Jalan Raya. Undergraduate Thesis, Universitas Andalas. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55655
Chandra, S. U. (2020). Pengaruh Rumble Strips Terhadap Kecepatan Kendaraan dan Tingkat Pelayanan Saat Memasuki Zona Selamat Sekolah (ZOSS) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram). https://repository.ummat.ac.id/674/
Direktorat Jenderal Bina Marga (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Bina Karya. Jakarta
Direktorat Eksplorasi, Survei, dan Perencanaan Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum tentang Perencanaan Jalan Raya No.13 Tahun 1997.
Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah (2004). Pedoman Fasilitas Pengendali Kecepatan Lalu Lintas. Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah. Jakarta.
Keputusan Menteri Perhubungan (1994) Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan. Nomor: KM. 3. 1994. Jakarta.
Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 61 tahun 1993 tentang Marka Jalan.
Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 61 tahun 1993 tentang Rambu-rambu Lalu Lintas di Jalan.
Lubis, F. R. A. (2017) Efektifitas Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan pada Ruas Jalan di Kota Medan (Studi Kasus), Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12502
Mujahidin (2020) Pengaruh Rumble Strips Terhadap Tingkat Pelayanan Pada Ruas Jalan Sandubaya Sweta Mataram. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Nur, H. S. (2018). Efektifitas Rumble Strips dalam Mereduksi Kecepatan Lalulintas Studi Kasus: Jln Betoambari (Depan Universitas Muhammadiyah Buton) & Jln. Dayanu Ikhsanuddin. Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil Unidayan, 7(1), 1-9.
Undang Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.
Yermadona, H., Kurniawan, D., Meilisa, M. (2019) Analisis Pita Penggaduh (Rumble Strips) dalam Mereduksi Kecepatan Kendaraan Pada Kawasan ZOSS Kota Padang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Komposit
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms (Penulis yang mengajukan publikasi artikel telah menyetujui hal berikut):
- Through this publication, the author agree to submit the copyright of article writing to Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. This copyright submission takes the form of, but is not limited to: reproduction of the article and parts therein, including photographic reproductions; distribution of articles through printed and electronic documents; and translation of articles(Bahwa melalui publikasi ini, hak cipta penulisan artikel diserahkan kepada Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. Penyerahan hak cipta ini berupa, namun tidak terbatas pada: perbanyakan artikel dan bagian di dalamnya, termasuk reproduksi fotografi; penyebarluasan artikel melalui dokumen cetak dan elektronik; serta penterjemahan artikel).
- The authors agree to the terms of the Copyright Notice, according to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License., which will apply to this article if and when it is published by Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil. (Para penulis setuju dengan ketentuan Pemberitahuan Hak Cipta, sesuai dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0., yang akan berlaku untuk artikel ini jika dan ketika diterbitkan oleh Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.