Implementasi Program Kelompok Sebaya Bimbingan Kasikal Dalam Pembentukan Karakter Religious Kelas X Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di Sekolah MA Sirojul Athfal 2

Authors

  • Ersa Amir Pratiwi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22039

Keywords:

Pendidikan, Akhlak siswa, Perkembangan teknologi internet

Abstract

Pendidikan memiliki tujuan untuk mencerdaskan dan membentuk akhlak yang baik pada diri siswa. Namun, perkembangan teknologi internet yang sudah pesat yaitu banyaknya tontonan melalui social media yang ada tidak lagi melihat batasan umur dan juga konteks yang ada, seringkali nilai nilai agama dan budaya, mengakibatkan merosotnya etika dan juga tata krama anak dalam kehidupan sehari hari karena pengaruh dari dunia luar yang dia lihat. Tidak hanya itu penyimpangan juga terjadi pada norma kehidupan baik agama maupun sosial. Jadi mengapa bisa ini terjadi? Seolah bertentangan dengan tujuan Pendidikan. Kecerdasan Spiritual adalah suatu kecerdasan yang harus serta wajib dimiliki oleh seorang anak. Sekolah harusnya memaksimalkan penanaman nilai-nilai keagamaan tidak hanya dalam mata pelajaran agama dan juga memaksimalkan kegiatan keagamaan berupa pelaksanaan ibadah yang wajib maupun sunnah kepada siswa. Kegiatan keagamaan ini salah satunya Shalat Dhuha yang telah dilaksanakan di MA Sirojul Athfal 2. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Shalat Dhuha di MA Sirojul Athfal 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik siswa kelas X dan menganalisis implementasi program bimbingan kelompok sebaya dalam membangun kebiasaan sholat dhuha di MA Sirojul Athfal 2. Sumber data peneitian ini adalah siswa kelas X. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian deskriptif pendekaatan kuallitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama siswa kelas X memiliki problem kedisiplinan dalam melaksanakan shalat dhuha secara individu dan berjamaah. Kedua, layanan bimbingan klasikal yang digunakan untuk membentuk karakter melalui pembiasaan shoat dhuha meliputi ruang lingkup perilaku siswa terhadap Allah, diri sendiri, dan guru dengan bentuk membiasakan siswa melaksankan shalat dhuha secara idividu, mengucapkan lafadz Alhamdulillah, berdoa setelah melaksanakan shalat dhuha sesuai dengan materi yang diberikan.

References

Ahsanulkhaq, M. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Prakarsa Paedagogia, 2, 21–33.

Amin, Maswardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Asiatu, K. 2011. Membangun Karakter Melalui Pendidikan Untuk Mewujudkan Wonderful And Kindness People. 4.

Jannah, Miftahul. 2019. Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Diterapkan di SDTQ-T An-Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah, Vol. 4, No. 1, 2019

Mahmudi, Kandiri. 2018. Penerapan Shalat Dhuha dalam Peningkatan Moral Siswa di Sekolah. Edupedia, Vol. 3, No. 1, Juli 2018

Mahmus. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(oktober), 16. Diakses dari https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/479

Prasetya, Beny., dkk.. 2021. Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Malang: Academia Publication.

Quraisy Shihab. 1994. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan. 198.

Rahmawati, Neng Rina., dkk., 2021. Karakter Religius dalam Berbagai Sudut Pandang dan Implikasinya terhadap Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 4, Desember 2021.

Su’adah, Uky Syauqiyyatus. 2021. Pendidikan Karakter Religius: Strategi Tepat Pendidikan Agama Islam dengan Optimalisasi Masjid. Surabaya: Global Aksara Press.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaroh, Lyna Dwi Muya, dan Zeni Murtafiati Mizani. 2020. Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), Vol. 3, No. 1, Juni 2020

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Pratiwi, E. A. (2023). Implementasi Program Kelompok Sebaya Bimbingan Kasikal Dalam Pembentukan Karakter Religious Kelas X Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Di Sekolah MA Sirojul Athfal 2. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22039

Issue

Section

Artikel