Strategi Guru BK dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Sunnah Siswa di SMP PGRI 8 Kota Bogor

Authors

  • Shopiya Maolidah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Dhiya Hanifa Hasna Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22041

Keywords:

Strategi Guru BK, Ibadah Sunnah, Siswa

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah supaya peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan selain dengan melakukan ibadah-ibadah wajib yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT yaitu dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru BK dalam meningkatkan kualitas ibadah sunnah siswa kelas 7A di SMP PGRI 8 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan sumber data dan informasi diperoleh melalui observasi dan sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelusuran dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kualitas ibadah sunnah siswa yaitu dengan memberikan pengetahuan tentang hukum-hukum dalam islam, memberikan pemahaman tentang ap aitu ibadah sunnah, pelaksanaan program membaca Al-Qur’an setiap pagi dan pelaksanaan program shalat dhuha bersama pada jam istirahat.

References

Ajijah, N. 2015. Pembinaan Pengamalan Ibadah Sunnah Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Musthafawiyah.

Anggraini, Y. 2021. Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 4.

Hairillah, H. 2015. Kedudukan As-Sunnah dan Tantangannya dalam Hal Aktualisasi Hukum Islam. Vol. 14, Issue 2.

Kallang, A. 2018. Konteks Ibadah Menurut Al-Quran. Vol. 4, No. 2.

Mu’min, M. 2015. Hadis dan Sunah dalam Perspektif Fazlur Rahman. Riwayah, 1(2), 311–330.

Sofyan, A. 2020, May 15. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. SMK NEGERI 1 PERHENTIAN RAJA.

Tokan, D, I., & Fauziah, M. 2022. Kajian literatur : faktor-faktor yang mempengaruhi sikap spiritual siswa.

Wahyuningtyas, S. A., & Setyawati, S. P. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Tulungagung. Semdikjar 4, 2021(4), 708–716.

Wartoyo. (2018). ”Transformasi Nilai-Nilai Filosofis Ibadah Dalam Ekonomis Syariah”. Nizham, Vol. 6, No. 2, Hal 122.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Vol. 2, No, 2.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Maolidah, S., & Hasna, D. H. (2025). Strategi Guru BK dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Sunnah Siswa di SMP PGRI 8 Kota Bogor. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 8–13. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22041

Issue

Section

Artikel