Penerapan Latihan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP PGRI 8 Bogor

Authors

  • Laura Nurfazriah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Isti Faizatun Nufus Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22043

Abstract

Penerapan latihan problem solving merupakan metode pembelajaran yang memberikan penekanan untuk melibatkan siswa untuk berpikir secara kritis mengenai permasalahan yang ada disekitarnya serta menititkberatkan pada pemecahan masalah atau solusi. Kesadaran akan tanggung jawab bukan merupakan suatu sikap genetik yang sudah ada pada setiap individu sejak lahir, melainkan perlu ditumbuhkan melalui adanya pembiasaan. Upaya pembiasaan kesadaran tanggung jawab pada setiap individu sedini mungkin diperlukan adanya peran orang lain sebagai contoh dan arahan dari lingkungan terdekat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa kelas VIII C SMP PGRI 8 Bogor melalui program BK Klasikal dengan penerapan latihan problem solving. Pengambilan sumber data Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tempat yang dilakukan penelitian adalah SMP PGRI 8 Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil penerapan layanan bimbingan dan konseling klasikal dengan penerapan latihan problem solving yang dilakukan di kelas VIII C SMP PGRI 8 Bogor, memberikan hasil yang baik. Sebab 3 siswa yang sebelumnya memiliki hasil sikap tanggung jawab sosial yang rendah, memiliki hasil peningkatan yang baik. Pertanyaan perihal kesadaran tanggung jawab sosial yang sebelumnya kesulitan bahkan tidak dijawab oleh siswa, akhirnya dapat dijawab dengan baik dan benar. Dengan pelaksanaan latihan problem solving ini, siswa juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan analitis dalam menyelesaikan suatu masalah, dan memilih solusi yang terbaik untuk dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan Latihan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa kelas VIII C SMP PGRI 8 Bogor, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan problem solving melalui bimbingan dan konseling klasikal dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Nurfazriah, L., & Nufus, I. F. (2025). Penerapan Latihan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP PGRI 8 Bogor. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22043

Issue

Section

Artikel