Strategi Guru Bk dalam Pemberian Layanan Dasar Orientasi Kontrol Diri pada Peserta Didik di SMA Ibnu Hajar Boarding School

Authors

  • Nur Khalida Al Zhahira Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22044

Keywords:

kontrol Diri, Peserta Didik, Guru Bimbingan dan Konseling

Abstract

Kontrol Diri pada anak usia remaja sangat penting untuk dilakukan dan proses perkembangan khususnya. Karena pada usia remaja tersebut sangat bagus untuk dilatih dalam kebiasaannya. Oleh karena itu penelitian bertujuan agar dapat memahami dan mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan orientasi pada peserta didik dapat dipahami lebih dalam serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar teriasa dapat mengatur emosi yang tidak stabil. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sumber data dan informasi diperoleh melalui wawancara narasumber yang terkait, observasi dan dokumentasi. Bedasakan hasil dalam penelitian dan pengambilan data dapat disimpulkan bahwa, kontrol diri sangat penting untuk individu dan lingkungan sekitarnya. Dan dalam meningkatkan kontrol dirinya perlu adanya layanan bimbingan dan konseling misalnya dengan layanan orientasi, peserta didik diperkenalkan dengan bagaimana kontrol dirinya dalam situasi yang baru.

References

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar, CV. Syakir Media Press, Cet. 1

Anggreini. R. & Sulis, M. 2014. “Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul.” Jurnal Psikologi, Vol. 12, No.1, Hal. 34-42.

Creswell, J. W. 2012. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ghufron, M. Nur. & Rini Risnawati S. 2020. Teori-teori Psikologi. Jogjakarya: Ar-Ruzz Media.

Khorina, N. & Anas, R. 2018. “Psikologi Kepribadian dalam Pendidikan di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, No. 1, Hal. 97-113.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nurmala, S. 2007. Hubungan Antara Kematangan Beragama dengan Kontrol Diri pada Siswa Madrasah Labuhan Bilik. Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rhineka Cipta.

Ramlah. 2018. “Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik.” Jurnal Al-Mau’izhah, Vol. 1, No. 1, Hal. 70-76.

Rosaeni, E. 2022. Strategi Guru BK dalam Pemberian Layanan Orientasi di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas X SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi Lampung Utara. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Zulfah. 2021. “Karakter: Pengendalian Diri.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Hal. 28-33.

Belsky, G. 2019. The 3 types of self-control. Understood for All Inc. Diakses dari : https://www.understood.org/en/articles/the-3-types-of-self-control

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Zhahira, N. K. A. (2025). Strategi Guru Bk dalam Pemberian Layanan Dasar Orientasi Kontrol Diri pada Peserta Didik di SMA Ibnu Hajar Boarding School. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i1.22044

Issue

Section

Artikel