Strategi Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Bolos Siswa SMA Ibnu Hajar Pasarean

Authors

  • Amelia Fitriyani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhamad Rasyid Ridlo STKIP Arrahmaniyah Depok

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i2.22045

Keywords:

Perilaku Bolos, Strategi Guru BK, Bimbingan Klasikal

Abstract

Di setiap sekolahan pasti terdapat aturan-aturan atau bisa disebut dengan tata tertib sekolah, yang mana hal tersebut harus diikuti oleh peserta didik sekolahan tersebut. Tata tertib sekolah mengajarkan peserta didik untuk memiliki perilaku atau akhlak yang baik.tetapi pada dasarnya tidak semua orang memiliki perilaku baik, ada juga yang memiliki perilaku buruk atau perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang disekolah slah satunya melakukan perilaku bolos. Adapun upaya guru untuk mengatasi perilaku bolos siswa yaitu dengan cara pemanggilan orang yang bersangkutan, pemberian sanksi yaitu berupa bimbingan rohani seperti tadarus dan pemanggilan orang tua yang bersangkutan Ketika masih melakukan perilaku bolos secara terus-menerus. Adapun dalam pemberian layanan bimbingan klasikal juga dapat mengatasi perilaku bolos siswa dengan cara diberikannya penyuluhan secara terus-menerus tentang perilaku bolos. Harapannya dalam pemberian layanan klasikal dan strategi guru BK dapat mengatasi perilaku bolos siswa SMA Ibn Hajar Pasarean. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Sebab, peneliti mengamati dan terlibat langsung ke lokasi penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan aitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Serta penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peran guru BK sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Harapannya guru BK dapat membentuk strategi atau program baru untuk lebih ampuh dalam mengatasi perilaku bolos siswa serta memberikan hukuman dengan melakukan hal yang tidak disukai murid dengan tujuan agar murid merasa jera.

References

Dewantari, Y. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling (Bk) Dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Siswa Broken Home Di Sma Negeri 5 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Diana, F. E., Pandang, A., & Saman, A. (2022). Perilaku Membolos Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Siswa SMP NEGERI 4 Alla Kab. Enrekang ). (3), 3.

Fatimah, D. N. (2017). Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 25-37.

Lubis, R. R., Dalimunthe, R. A., & Efendi, R. (2020). Reduksi Perilaku Bolos Sekolah (Studi Tentang Kerja Sama Guru PAI dan IPS di MTs PAI Medan). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 95-113.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Setiawati, S. M. R. (2020). Perilaku membolos: penyebab, dampak, dan solusi. Pd Abkin Jatim Open Journal System, 1(2), 99-108.

Susanti, I. (2015). Perilaku Menyimpang Dikalangan Remaja Pada Masyarakat Karangmojo Plandaan Jombang. Paradigma, 3(2).

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Fitriyani, A., & Ridlo, M. R. (2023). Strategi Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Bolos Siswa SMA Ibnu Hajar Pasarean. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i2.22045

Issue

Section

Artikel