Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Sikap Childish Siswa Di SMA Ibnu Hajar Pasarean

Authors

  • Della Kisti Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i2.22048

Keywords:

Nilai Moral, Pembentukan Karakter, Krisis Moral

Abstract

Pemberian nilai-nilai moral dan pembentukan karakter adalah hal penting yang harus menjadi tujuan utama dalam pendidikan. Fase dewasa adalah dimana siswa krisis mengenai moralitas salah satunya akan mengakibatkan munculnya sikap childish karena belum mencapai kematangan emos pada diri seseorang. Saat hal tidak menyenangkan terjadi, ia akan berusaha membenarkan apa yang dilakukan dengan cara yang tidak tepat. Baik dalam menghadapi masalah, berinteraksi dengan lingkungan, melakukan sesuatu yang tidak sesuai pada usianya. Sehingga respon yang muncul dari dirinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan orang disekitarnya. Faktor penyebab seseorang memiliki sikap childish yaitu pengaruh lingkungan, bawaan sikap alamiah, dan pola asuh orang tua. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan Karena, peneliti mengamati dan terlibat langsung ke lokasi penelitian Adapun pendekatan yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif Serta penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada hasil penelitian bahwa strategi guru BK dalam mengatasi sikap childish siswa dengan cara layanan bimbingan pribadi sosial dan pengarahan sikap mengenai kemandirian dan tanggung jawab.

References

Abu Bakar. 2019. Psikologi Perkembangan (Konsep dasar Pengembangan Kreativitas Anak). Yogyakarta: K-Media

Ali, M. & Asrori, M. (2010). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jobson, M. C. (2020). Emotional Maturity among adolescents and its importance. Indian Journal of Mental Health, 7(1), 35–41.

Musdalifah. (2007) Perkembangan Sosial Remaja Dalam Kemandirian.

Nurdianti, A. 2020. Hubungan kematangan emosi dengan kekerasan verbal remaja yang tinggal di panti asuhan. Pekanbaru: Skripsi S1 Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau : tidak diterbitkan

Ratna, 2014. Konsep Pendidikan Moral Menurut Al-Ghazali Dan Emila Dukhem. Makassar : Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran Moral & Desain Pembelajaran Moral. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Kisti, D. (2025). Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Sikap Childish Siswa Di SMA Ibnu Hajar Pasarean. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(2), 17–24. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i2.22048

Issue

Section

Artikel