Peran Guru BK terhadap Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Kepercayaan Diri pada Peserta Didik

Authors

  • Laila Nur’afiyah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noneng Siti Rosidah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i2.22049

Keywords:

Kematangan Emosi, Pengendalian Emosi Siswa, SMP PGRI 5 Bogor

Abstract

Anak SMP PGRI 5 Kota Bogor mempunyai kematangan emosional yang sanggat tinggi oleh sebab itu saya meneliti dan memberi sedikit materi untuk siswa/i nya agar kematangan emosi nya bisa stabil (2) tujuan peneliti saya ini adalah agar siswa/i Smp PGRI 5 Kota Bogor saat menaiki kelas atau saat lulus bisa mengontrol emosi yang di timpah kepada siswa/i tersebut. Dan ruang lingku sayaberfokus kepada siswa/i tetapi saya juga mewawancarai Guru BK PGRI 5 agar penelitian saya akurat;(3) metode yang saya gunakan adalah asesmen, wawancara dan menyampaikan materi kepada siswa/i; (4) setelah terlaksana adabeberapa orang yang harus butuh konseling karna emosional siswa itu sanggat tidak bisa di kontrol; (5) Bahwa kematangan emosi itu suatu kondusu emosional dimana tingkat kedewasaan individu yang terkendali, tidak kenakan-kanakan, amarah yang meluap-luap, dan mampu mengungkapkan emosi sesuai kondisi yang ada dimana individu tersebut dapat melalui situasi secara kritis.

References

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan Emosi Remaja dalam Pengentasan Masalah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30–39.

Hurlock, E.B. 1997. Perkembangan Anak. Jilid I Edisi ke-6, Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. 2011. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sofi. 2019. Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kematangan Emosi Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Kasiha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-10.

Soekanto, S. (2013). Sosiologi: Suatu pengantar (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Syafi’I, I. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial EmosionaL Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9-15.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Nur’afiyah, L., & Rosidah, N. S. (2025). Peran Guru BK terhadap Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Kepercayaan Diri pada Peserta Didik. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 4(2), 25–28. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v4i2.22049

Issue

Section

Artikel