Upaya Guru BK Dalam Pengembangan Diri Siswa Memalui Program Ekstrakulikuler Di Smp Negeri 2 Sukaraja

Authors

  • Noor Aini Yasmin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i1.22050

Keywords:

Upaya Guru BK, Program Ekstrakulikuler

Abstract

Pengembangan diri atau self development merupakan hal terpenting bagi manusia terutama pada peserta didik. Di mana dalam pengembangan diri peserta didik lebih terarah dan fokus terhadap tujuan yang ingin ia capai. Salah satu program dari pengembangan diri di sekolah yang sudah pasti ada di setiap sekolah adalah program ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler atau ekskul merupakan kegiatan di luar jam belajar di mana pada kegiatan ini peserta didik dapat meningkatkan kemampuan atau potensi yang ia miliki sesuai dengan bidang yang dia pegang. Dalam kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya guru pembimbing ekstrakurikulernya yang ada dalam kegiatan tersebut, namun banyak juga pihak yang ikut andil dalam kegiatan tersebut untuk melihat dan memantau bagaimana perkembangan siswa dalam kegiatan tersebut salah satunya adalah guru BK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru BK dalam pengembangan siswa melalui program ekstrakulikuler di sekolah Smp Negeri 2 Sukaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan observasi. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa upaya guru BK di sekolah SMP Negeri 2 Sukaraja dalam pengembangan diri siswa, aktif melalui program konsultasi dan juga ikut serta melihat dan mengawasi perkembangan murid-murud pada saat kegiatan ekskul.

References

Amaliyah, A., & Rahmat, A. 2021. Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 36-40.

Elia Firda Mufidah, A. 2021. Studi Kasus: Permasalahan Yang Sering Ditangani. Bimbingan Konseling Indonesia, 7-12.

Fahri Zulfikar. 2022. “Siswa, Ini 6 Manfaat Penting Ekstrakurikuler di Sekolah”. Diakses pada 22 Mei 2023, dari

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5909720/siswa-ini-6-manfaat-penting-ekstrakurikuler-di-sekolah

Hartono. 2020. Kedudukan Dan Peran Guru Kinbingan Dan Konseling. Eksistensi Peran Bimbingan dan Konseling, 2-3.

Lela Camelia Cynthia, T. M. 2016. Pengaruh Fasilitas Belajara Dan Motivasi Belajar. 4-13.

Mufidah, R. S. 2014. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Bimbingan dan Konseling Menurut Kurikulum 2013 . Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 2-35.

Sri Lindawati, M. H. 2016. Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis. Seminar Nasional APTIKOM, 28-29.

Takwil, M. 2020. Model program Pengembangan Diri Dalam Mengembangkan Potensi Siswa. el-banat, 150-160.

Viningsih, S. R. 2013. Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Siswa. Administrasi Pendidikan, 5-9.

Downloads

Published

2024-02-09

How to Cite

Yasmin, N. A. (2024). Upaya Guru BK Dalam Pengembangan Diri Siswa Memalui Program Ekstrakulikuler Di Smp Negeri 2 Sukaraja. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i1.22050

Issue

Section

Artikel