Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Self-Control Siswa Di SMPN 15 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i1.22052Keywords:
Kontrol Diri, Layanan Bimbingan KlasikalAbstract
Masa remaja adalah suatu usia dimana individu masih dalam pencarian jati diri dan masa belajar untuk mengontrol dirinya sendiri serta perilakunya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan klasikal siswa SMP terhadap pemahaman self-controlnya. Subjek dalam penelitian ini terdapat dikelas 8G dengan 33 peserta didik yang terlibat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian layanan bimbingan klasikal ini menambah pemahaman peserta didik agar dapat lebih mudah mengontrol diri dan membantu dalam proses perkembangan nya, jadi ketika menyampaikan maupun mengambil keputusan sudah mengetahui dampak negative dan positif yang akan didapatnya. Respon peserta didik pun sebagian sudah memahami materi yang disampaikan dalam hal mengontrol diri. Namun hambatan dan tugas Guru BK selanjutnya yaitu dengan mengarahkan lebih serius ke beberapa peserta didik yang mungkin masih belum bisa mengontrol dirinya agar tidak berdampak buruk bagi peserta didik ke depannya.
References
Ahmad, H. (2017). Pengaruh motivasi belajar, self control dan critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Situbondo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 263–274. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p263-
Auliya, M. Amin. 2021. Peningkatan Self Conrol Pada Siswa Kelas VIII Dengan Menggunakan Layanan Konseling Individual Di SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A. 2020/2021. Umsu.ac.id. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/16742/Skripsi.pdf;jsessionid=13809AAA45172476A049EA3338A29950?sequence=1
Fatimah, Dewi Nur. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 14, No. 1.
file:///C:/Users/ACER/Downloads/LAYANAN_BIMBINGAN_KLASIKAL_DALAM_MENINGKATKAN_SELF.pdf
Gregory, Paul C. 2023. Teori Pengendalian Diri: Contoh, Kelemahan & Pandangan Kejahatan. HelpfulProfesor.com. https://helpfulprofessor.com/self-control-theory/
HMPS BK FKIP Universitas Ahmad Dahlan. 2022. Peran Dan Tugas Guru BK Di Sekolah. http://hmps.bk.uad.ac.id/peran-dan-tugas-guru-bk-di-sekolah/
Jamal N. A, Sugiarti R. (2021). Kontrol Diri terhadap Agresivitas pada Remaja. Philanthropy Journal of Psychology, Vol 5 Nomor 1, 47-58.
Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial pada Remaja Akhir. Empati Fakultas Psikologi. 3 (4): 1-9.
Nurbaniyah, F. 2016. BAB 2 Landasan Teori Kontrol Diri (Self-Control). Umg.ac.id. http://eprints.umg.ac.id/2860/2/BAB%20II.pdf
Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling. PT Remaja Rosdakarya.
Siwabessy, D. N., & Hastoeti, Y. (2008). Bahan ajar sertifikasi guru bimbingan dan konseling dalam jabatan melalui jalur pendidikan: Praktik bimbingan klasikal.
Puspita, M. 2013. “Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Kontrol Diri Siswa di Sekolah”. Jurnal Ilmiah Konselor, 1 (1): 330-337.
Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2008). Landasan Kimbingan dan Konseling. PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prophetic Guidance and Counseling Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prophetic Guidance and Counseling Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.