Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Self-Control Siswa Di SMPN 15 Bogor

Authors

  • Farhah Nafisatullah Khaerudin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noneng Siti Rosidah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i1.22052

Keywords:

Kontrol Diri, Layanan Bimbingan Klasikal

Abstract

Masa remaja adalah suatu usia dimana individu masih dalam pencarian jati diri dan masa belajar untuk mengontrol dirinya sendiri serta perilakunya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan klasikal siswa SMP terhadap pemahaman self-controlnya. Subjek dalam penelitian ini terdapat dikelas 8G dengan 33 peserta didik yang terlibat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian layanan bimbingan klasikal ini menambah pemahaman peserta didik agar dapat lebih mudah mengontrol diri dan membantu dalam proses perkembangan nya, jadi ketika menyampaikan maupun mengambil keputusan sudah mengetahui dampak negative dan positif yang akan didapatnya. Respon peserta didik pun sebagian sudah memahami materi yang disampaikan dalam hal mengontrol diri. Namun hambatan dan tugas Guru BK selanjutnya yaitu dengan mengarahkan lebih serius ke beberapa peserta didik yang mungkin masih belum bisa mengontrol dirinya agar tidak berdampak buruk bagi peserta didik ke depannya.

References

Ahmad, H. (2017). Pengaruh motivasi belajar, self control dan critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Situbondo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 263–274. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p263-

Auliya, M. Amin. 2021. Peningkatan Self Conrol Pada Siswa Kelas VIII Dengan Menggunakan Layanan Konseling Individual Di SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A. 2020/2021. Umsu.ac.id. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/16742/Skripsi.pdf;jsessionid=13809AAA45172476A049EA3338A29950?sequence=1

Fatimah, Dewi Nur. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 14, No. 1.

file:///C:/Users/ACER/Downloads/LAYANAN_BIMBINGAN_KLASIKAL_DALAM_MENINGKATKAN_SELF.pdf

Gregory, Paul C. 2023. Teori Pengendalian Diri: Contoh, Kelemahan & Pandangan Kejahatan. HelpfulProfesor.com. https://helpfulprofessor.com/self-control-theory/

HMPS BK FKIP Universitas Ahmad Dahlan. 2022. Peran Dan Tugas Guru BK Di Sekolah. http://hmps.bk.uad.ac.id/peran-dan-tugas-guru-bk-di-sekolah/

Jamal N. A, Sugiarti R. (2021). Kontrol Diri terhadap Agresivitas pada Remaja. Philanthropy Journal of Psychology, Vol 5 Nomor 1, 47-58.

Muna, R. F., & Astuti, T. P. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial pada Remaja Akhir. Empati Fakultas Psikologi. 3 (4): 1-9.

Nurbaniyah, F. 2016. BAB 2 Landasan Teori Kontrol Diri (Self-Control). Umg.ac.id. http://eprints.umg.ac.id/2860/2/BAB%20II.pdf

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling. PT Remaja Rosdakarya.

Siwabessy, D. N., & Hastoeti, Y. (2008). Bahan ajar sertifikasi guru bimbingan dan konseling dalam jabatan melalui jalur pendidikan: Praktik bimbingan klasikal.

Puspita, M. 2013. “Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Kontrol Diri Siswa di Sekolah”. Jurnal Ilmiah Konselor, 1 (1): 330-337.

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2008). Landasan Kimbingan dan Konseling. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Khaerudin, F. N., & Rosidah, N. S. (2025). Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Self-Control Siswa Di SMPN 15 Bogor. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i1.22052

Issue

Section

Artikel