Implementasi Program Keputraan dalam Mengembangkan Akhlakul Karimah pada Siswa Kelas 7 Mahad Imam Hafsh
DOI:
https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i2.22058Keywords:
Keputraan, Akhlakul Karimah, SiswaAbstract
Akhlak adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim. Di mana setiap manusia akan menunjukkan akhlak mereka secara spontanitas ketika berinteraksi dengan orang lain. Penelitian bertujuan untuk mengetahui akhlak terpuji pada diri setiap muslim dapat ditumbuhkan dan dikembang melalui program keputraan sebagai sarana memberikan wawasan yang lebih mendalam, khususnya pada siswa mengenai akhlak terpuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitiannya berupa metode deskriptif kualitif dan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisoner. Berdasarkan hasil data dari kuisoner akhlakul karimah, dapat di ketahui dari 10 pernyataan, jawaban baik yang paling banyak diisi siswa kelas 7 Mahad Imam Hafsh terdapat pada nomor 6, nomor 8, dan nomor 10. Di mana nomor 6 item pernyataan berupa menjauhi sifat iri hati terhadap orang lain, kemudian pada nomor 8 item pernyataan yaitu memiliki sikap sabar Ketika mengalami musibah yang Allah SWT berikan, dan nomor 10 item pernyataannya adalah memiliki sikap birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua). Sedangkan jawaban baik yang paling rendah diisi siswa, yaitu terdapat pada nomor 5 di mana hanya 7 orang saja yang menjawab pilihan baik. Nomor 7 item pernyataannya adalah memiliki sikap menghormati dan menghargai orang lain. Berdasarkan analisis pada pembahasan, maka membentuk akhlakul karimah pada siswa dapat diperkuat melalui program keputraan sebagai sarana mengembangkan akhlakul karimahnya dan juga menjadi salah satu upaya dalam mencegah terjadinya rekardasi moral, khususnya pada pendidikan di Indonesia.
References
Asriyani, Putri. 2022. Sabar Seabagai Penguat Hati. Source: fpscs.uii.ac.id. https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/mimbar-dakwah-sesi-175-penyakit-hati#:~:text=Pertama%2C%20Iri%20Hati%20adalah%20suatu,dan%20cenderung%20berusaha%20untuk%20menyainginya. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Firmansyah, Iman. 2021. Allah SWT Menyukai Sifat Lemah Lembut. Source: Republika.co.id. https://islamdigest.republika.co.id/berita/qxeq5a366/allah-swt-menyukai-sifat-lemah-lembut#:~:text=Lemah%20lembut%20mengandung%20arti%20kelembutan%20dalam%20setiap%20perkataan%20dan%20perbuatan.&text=REPUBLIKA.CO.ID%2C%20JAKARTA,dalam%20setiap%20perkataan%20dan%20perbuatan. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Febriany, Ina. 2016. Berkah Menahan Amarah. Source: Khazanah Republika.co.id. https://khazanah.republika.co.id/berita/o0k2jj313/berkah-menahan-amarah#:~:text=Menahan%20marah%20berarti%20menahan%20diri,ketika%20sesuatu%20itu%20telah%20penuh. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Hidayat, Nur. 2017. Konsep Pendidikan Akhlak Bagi Peserta Didik Menurut Pemikiran Prof. Dr. Hamka. Skripsi PAI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Ismail, Achmad. 2019. 10 Cara Nabi Muhammad SAW dalam Memperbaiki Akhlak. Source: Khazanah Republika.co.id. https://khazanah.republika.co.id/berita/pqqeuj458/10-cara-nabi-muhammad-saw-dalam-memperbaiki-akhlak. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Mamonto, Siti. 2022. Pengertian Rendah Hati Menurut Islam, Tujuan, dan Manfaatnya. Source: Brilio.net. https://www.brilio.net/wow/pengertian-rendah-hati-menurut-islam-tujuan-dan-manfaatnya-220511l.html. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Na’imah, Tri. 2018. Internalisasi Nilai Akhlaqul Karimah dalam Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Psikologi, 1(1) 73-86. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Salsabila, dkk. 2020. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3) 370-385. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Shofwan, Imam. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Akhlak Mulia Berbasis Al-Quran. Jurnal Madaniyah, 8(2) 199-208. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syukur, Agus. 2020. Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 3(2) 143-164. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Taslim, Abdullah. 2021. Atasi Marahmu, Gapai Ridho Rabbmu. Source: Muslim.or.id. https://muslim.or.id/6169-atasi-marahmu-gapai-ridho-rabbmu.html#Keutamaan_menahan_marah_dan_mengendalikan_diri_ketika_emosi. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Thabroni, Gamal. 2022. Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah, dan Macam. Source: Serupa.id. https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif/#Metode_Penelitian_Deskriptif_Kualitatif. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Tsalitsah, I. M. 2020. Akhlaq dalam Perspektif Islam. Al-Hikmah: jurnal studi agama-agama, 6(2) 110-128. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Yulianti, Cicin. 2022. Tawakal: Arti, Makna dan Keutamaannya untuk Hidup Lebih Tenang. Source: detikHikmah. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6435738/tawakal-arti-makna-dan-keutamaannya-untuk-hidup-lebih-tenang#:~:text=Tawakal%20adalah%20berusaha%20sekuat%20tenaga,menyerahkan%20hasilnya%20kepada%20Allah%20SWT. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Yunahar, Ilyas. 2006. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, hal 2. (Diakses pada 16 Juli 2023)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prophetic Guidance and Counseling Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prophetic Guidance and Counseling Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.