Strategi Guru BK dalam Membantu Membangun Kesadaran Tanggung Jawab Sosial Di SMP Negeri 2 Sukaraja
DOI:
https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i2.22059Keywords:
Strategi Guru BK, Tanggung Jawab SosialAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru BK dalam membangun kesadaran tanggung jawab sosial pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer adalah guru BK dan sumber data sekunder berupa dokumentasi. Analisis data menggunakan content analysis dengan tahapan meliputi data collecting, data display, data reducing dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru BK dalam membantu membangun kesadaran tanggung jawab sosial siswa dilakukan melalui layanan bimbingan klasikal diawali dengan materi mengenai tanggung jawab siswa untuk membuang sampah pada tempatnya dan larangan kantin untuk tidak menjual minuman yang menggunakan botol plastik, keduanya merupakan salah satu cara untuk membangun kesadaran tanggung jawab siswa akan kebersihan lingkungan sekolah.
References
Abdullah, Y. 2023. Data Sekunder: Pengertian, Sumber Data dan Contoh Di Penelitian. https://deepublishstore.com/blog/data-sekunder-penelitian/ Diakses pada tanggal 09 Mei 2023.
Ariyani, R. 2021. Tahapan Penelitian Kualitatif. Diakses dari : https://www.rikaariyani.com/2021/01/tahapan-penelitian-kualitatif-yang.html?m=1
Hamidayati, Hidayat, S. 2020. “Pendidikan Karakter: Fenomena Perilaku Mencontek pada Siswa di Sekolah Dasar.” Pedadidaktika. Vol. 7, No. 4.
Krisna. 2022. 8 Pengertian Penelitian Deskriptif Menurut Ahli. https://meenta.net/pengertian-penelitian-deskriptif/. Diakses pada tanggal 03 Juli 2022.
Nurhadi, D. 2018. Pendidikan karakter berbasis integrasi dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 23 35.
Rahmawatiningtyas, E. 2020. “Penerapan Storytelling Penggalan Kisah Soekarno Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kademangen.” Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, Vol. 12, No. 1.
Ratnasari, R. 2019. Strategi layanan konseling di sekolah menengah pertama. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 45 55.
Risma dkk. 2021. Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya Di Sekolah. Inovasi Pendidikan.
Santrock, J. W. 2018. Life-Span Development (17th ed.). McGraw-Hill Education.
Sari, D. P., & Hidayat, R. 2020. Implementasi pendidikan karakter melalui tanggung jawab sosial pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 112 120.
Solichah, A. 2021. http://repository.iainkudus.ac.id/6702/5/05.%20BAB%20II.pdf Diakses pada tahun 2021.
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier) (Edisi 3). Yogyakarta: Andi. ISBN 978 979 29 1282 1. (lib.unikom.ac.id)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Prophetic Guidance and Counseling Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prophetic Guidance and Counseling Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.