Implementasi Program Bimbingan dan Konseling Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Imam Alhafs

Authors

  • Nuzulia Rahma Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i2.22062

Keywords:

Program Bimbingan dan Konseling Belajar, Gaya Belajar

Abstract

Dalam pembelajaran sangat penting bagi siswa untuk mengenal dan memahami gaya belajar yang ada pada diri mereka. Namun informasi mengenai gaya belajar pada siswa masih terbilang minim, dengan adanya impelmentasi program bimbingan dan konseling belajar merupakan salah satu usaha untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang gaya belajar kepada siswa. Oleh karena itu peneliti bertujuan agar siswa yang belum mengetahui tentang gaya belajar dan menetukan gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka dapat mengetahui gaya belajar danmenentukan gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka dengan memberikan materi kepada mereka tentang gaya belajar. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan sumber data melalui observasi, kuesioner dan sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelusuran dan analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi program bimbingan dan konseling belajar merupakan salah satu cara untuk memberikan pengetahuan pada siswa tentang gaya belajar dan siswa dapat mengenali gaya belajar yang sesusai dengan diri mereka. Dengan imlementasi program bimbingan dan konseling belajar siswa dapat mengetahui dan menentukan gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka, dan dengan itu membantu siswa lebih mudah dan cepat dalam memahami, menerima informasi ataupun menyerap pembelajaran secara maksimal.

References

Cahyani, E. S. 2017. Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 26-33.

Corebima, A. D. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Munir, F. S. 2020. The Influence of Learning Styles toward Learning Outcomes at the Second Grade Students of Senior High School. Journal of Teaching and Learning Research, 3(2). https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/JTLR/article/view/2379](https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/JTLR/article/view/2379

Nugraha, Jevi. 2023. Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-jenis-penelitian-deskriptif-kualitatif-berikut-penjelasannya-kln.html

Nugrahani, F. & Imron, A. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa IKIP Siliwangi Dalam Literasi Media. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra), 1(2), 513–522.

Novitasari, Y. & Muhammad, N. 2017. "Bimbingan dan Konseling Belajar (Akademik) dalam Perspektif Islam." Jurnal Konseling Pendidikan Indonesia , vol. 1, no. 1, hal. 53-78, doi: 10.30653/001.201711.6

Pane, J., Lumbantobing, N. N., Laia, R., Asnida, & Tumanggor, R. M. (2022). Penerapan Bimbingan Belajar di SMP Negeri 1 Tapian Nauli Di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 270–276. doi: 10.25008/altifani.v2i3.248

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulum, M., & Pujiastuti, H. (2020). Learning styles against students understanding mathematical concepts. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 38‑44. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.9185

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Rahma, N. (2025). Implementasi Program Bimbingan dan Konseling Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Gaya Belajar Siswa SMP Imam Alhafs. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 5(2), 33–38. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v5i2.22062

Issue

Section

Artikel