Pemanfaatan Sosiometri Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Sukajaya

Authors

  • Putri Arisa Nur Chayati Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Ibn Khaldun
  • Noneng Siti Rosidah Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i2.6876

Keywords:

Sosiometri, Bimbingan, Konseling

Abstract

Sociometry ia a non-test tool used to analyze social relationships and student behavior in their circle of friends, as well as examine the social structure of a particular group of individuals. The purpose of this study was to determine how the implementation of sociometry in an educational institution. This study use qualitative approach with descriptive analysis. The result showed that the implementation of sociometry at SMP N 1 Sukajaya had run optimally and provided benefits, especially for guidance and counseling teachers and subject teachers to improve the adjustment of students social relations patterns and the structure of studenta social relations for better.

Abstrak

Sosiometri merupakan salah satu alat nontes yang digunakan  untuk menganalisis hubungan sosial dan tingkah laku peserta didik pada lingkaran pertemanannya, serta meneliti struktur sosial dari suatu kelompok individu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi sosiometri pada suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi sosiometri di SMP N 1 Sukajaya telah berjalan secara optimal dan memberikan manfaat khususnya bagi guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran untuk memperbaiki struktur pembagian kelompok peserta didik, memperbaiki penyesuaian pola hubungan sosial peserta didik dan struktur hubungan sosial peserta didik menjadi lebih baik.

References

Aziz, Afrizal. 2015. Penggunaan Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Punggur. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung.

Dewa Ketut Sukardi, Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan konseling di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Prayitno dan Amti,E. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling : Edisi Revisi Cetakan ke 2 Jakarta.

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY press.

Rosidah, N. S., Dewi, R. S., & Angelina, P. R. (2020). Urgensi Interpersonal Skill Untuk Peserta didik Terisolir Berdasarkan Assessment Sosiometri. 5(2), 86–97. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3376

Rumiyati, Agnes T. Modul Konsep Dasar Sosiometri

Utami, Putri. 2018. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial melalui Penggunaan Sosiometri pada Peserta didik dikelas VII-1 MTS Al-Jamiyatul Washliyah Tembung. Skripsi: UIN Sumatera Utara, Medan.

Wahyuni, Siti. Juni 2019. Penggunaan Instrumen Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal: Al-Irsyad. Vol.01. No.01. IAIN Padangsidimpuan.

Yazid, Muhammad. 2011. Penggunaan Aplikasi Instrumen Sosiometri dalam Layanan Penempatan dan Penyaluran di Madrasah Aliyah Negeri. Skripsi: UIN Sultan Syarif Kasim, Riau Pekanbaru

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Chayati, P. A. N., & Rosidah, N. S. (2022). Pemanfaatan Sosiometri Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMPN 1 Sukajaya. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 41–46. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i2.6876

Issue

Section

Artikel