PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

Authors

  • Mita Septiani Teknologi Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Dede Dwiansyah Putra 2Pendidikan Olahraga, Universtas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2854

Keywords:

blended learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, kurikulum, pendidikan olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum di program studi S1 Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Palembang setelah dibelajarkan menggunakan blended learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di tiap siklusnya, yaitu pada pra-siklus sebanyak (33%) mahasiswa berada dalam kategori tuntas, pada siklus 1 sebanyak (78%) mahasiswa sudah berada dalam kategori tuntas, dan pada siklus 2 hampir semua (94%) mahasiswa berada dalam kategori tuntas . Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan blended learning yang dilakukan sebesar 52% cukup puas, 37% merasa puas dan 11% merasa sangat puas. Dengan adanya peningkatan hasil belajar tersebut, penerapan blended learning dapat dijadikan solusi alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada program studi pendidikan olahraga.

References

Allen, I. Elaine, Jeff Seaman dan Richard Garrett. "Blending in The Extent and Promise of Blended Education in the United States”. Sloan-CTM, 2007.

Brown, Abbie H. dan Timothy D. Green. The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice 3rd ed. New York: Routledge, 2016.

Cheng, I. N. Y., Chan, J. K. Y., Kong, S. S. Y., & Leung, K. M. Y. (2016, December). Effectiveness and obstacle of using Facebook as a tool to facilitate student-centred learning in higher education. In Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching (Vol. 17, No. 2).

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction, Eight Edition. New Jersey: Pearson.

Hew, Khe Foon dan Wing Sum Cheung. (2014). Using Blended Learning: Evidance-Based Practicesí­. Singapore: Springer.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media.

Sobhy, Nevine, and Abdel Megeid. (2014). E-Learning Versus Blended Learning In Accounting Courses. The Quarterly Review of Distance Education Journal, Vol. 15 (2), Information Age Publishing, Inc.

Raphael, C., & Mtebe, J. (2016). Instructor support services: An inevitable critical success factor in blended learning in higher education in Tanzania. International Journal of Education and Development using ICT, 12(2).

Tuć¹Ë‡evljak, M., Majcen, L., Mervar, L., Stepankina, T., & Cater, B. (2016). E-Learning in Higher Education: Focus Groups and Survey among Students in Central Europe. Journal of Educational Technology, 13(2), 11-20.

Kaur, M. (2013). Blended learning-its challenges and future. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 612-617.

Downloads

Published

23-01-2020

How to Cite

Septiani, M., & Putra, D. D. (2020). PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2854

Issue

Section

Artikel