PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2855Keywords:
Pembelajaran Luar Kelas, Sumber Belajar, Literasi, KarakterAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah guna menggambarkan pemakaian sumber belajar komvensional dan online serta penggabungan sumber belajar tersebut pada pendidikan karakter siswa kelas 5 Sekolah Dasar Iwal Parung Bogor.
Metodologi dalam penelitian ini memakai metode pengembangan Riset and Development (R&D) dimulai pada tahap analisa kebutuhan dilanjutkan rancang bangun blended learning. Metode pengumpulan data dalam riset ini memakai cara atau metode wawancara, pengamatan serta studi dokumen. Teknik analisa data pada riset ini memakai metode kualitatif. Data diambil produk wawancara, pengamatan dan dokumen penjabaran data dengan jalan (1) Reduksi data (2) suguhan data dan (3) pengambilan kesimpulan / verifikasi.
Hasil penelitian ini penggambarkan tentang pemakaian sumber belajar konvensional dan online meliputi kegunaan bahan ajar cetak dan bukan cetak. Rancang bangun proses pembelajaran blended learning yang dapat mengandungkan sumber belajar online dan konvensional dijabarkan dengan memperlihatkan struktur, konten, dan sumber sumber online yang digabungkan pada bahan pembelajaran cetak.
References
Ambiyar. Jalinus Nizwardi. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta, Gaung Persada Press.
Choiri. Moh. Miftahul, 2017. Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (1) (2017). jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/1793/1155
Citra, Yulia. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. E-Jupekhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), Volume 1 Nomor 1, Januari 2012, ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/795/666.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
Gunadi, Andi Ahmad. Misriandi. 2014, Pemilihan Media Pembelajaran, Jakarta, UMJ Press.
Hastutiningsih, Tri. Prasetyo, Andreas Priyono Budi. Widiyaningrum, Priyantini. Pengembangan Panduan Pembelajaran Outdoor Bermuatan Karakter Peduli Lingkungan pada Materi Ekologi. Journal of Innovative Science Education. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2016. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/13215/7261.
Indrastoeti, Jenny. 2017. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8944/6505
Istialina. 2016. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Kelas IV SD Negeri 3 Jeumpa Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, Volume 1 Nomor 1, 59-68, Agustus 2016 https://media.neliti.com/media/publications/188662-ID-pemanfaatan-lingkungan-sebagai-sumber-belajar.
Lilawati, Jenny. 2017. Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Proseding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 2017 Semnastafis.Unimed.Ac.Id/
Meiristiya, Vivin. Purwaningsih, Sri Mastuti. 2016. Pengaruh Sumber Belajar (Learning Resources By Design dan Learning Resources By Utilization) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Mojokerto. Avatara, e-jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 4 Nomor 3, Oktober 2016. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/16370.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Departemen Penddikan Nasional, Pusat Teknologi Komunikasi
Nasrullah, Feri Jon. 2015. Pendidikan Karakter pada Anak dan Remaja, Seminar Psikologi dan Kemanusiaan, Psychology Forum UMM, ISBN 978-979-796-324-8. mpsi.umm.ac.id/files/file/483-486%20Feri%20Jon.pdf
Navy, Ammar. 2013, Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains, Studi Kasus di Pratomseksa (SD) Sassanasuksa Thailand, Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol.1, No.4 Des 2013, http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/viewFile/4148/796
Perdana, Novrian Satria. 2018. Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018). jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/2358/1357
Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar, Depok, Prenadamedia Group
Rasmilah, Ikeu. 2013. Pembelajaran Outdoor Study untuk Membentuk Kepedulian Lingkungan Gea, Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 13 Nomor 1, 2013. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Gea/Article/View/3312
Setiawati, Nanda Ayu. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Proseding Seminar Nasional Tahunan FIS Unimed tahun 2017 Volume 1 Nomor1 2017 halaman 348. semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/27.-Nanda-Ayu-Setiawati.pdf
Suherdiyanto. Mawardi, Pitalis. Anggela, Rika. 2016. Pembelajaran Luar Kelas (Out Door Study) dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Volume 3, Nomor 1, Juni 2016. journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/download/273/270
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak
Choiri. Moh. Miftahul, 2017. Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (1) (2017). jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/1793/1155
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |