PENGARUH MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIKUM KIMIA SISWA SMK TARUNA TERPADU BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3373Keywords:
laboratorium virtual, PhET, praktikum kimiaAbstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin pesat dan sangat berpengaruh terhadap pembelajaran, selain membantu siswa dalam belajar juga berpengaruh terhadap guru dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan pembelajaran. Salah satu contoh pemanfaatan IPTEK adalah dengan menggunakan media interaktif yang efektif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh terhadap kemampuan praktikum kimia siswa SMK Taruna Terpadu (Bogor Center School) menggunakan aplikasi PhET (Physics Education dan Technology) berbasis laboratorium virtual. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian "Matching Only Pre test Post test Control Group Design”. yang melibatkan dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen siswa kelas XI IPA 2 dan kelompok kontrol siswa kelas XI IPA 1 SMK Taruna Terpadu Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa termotivasi dan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, meningkatknya kemampuan siswa dalam melaksanakan praktikum,membuktikan bahwa penggunaan media laboratorium virtual menggunakan aplikasi PhET dapat menjadi solusi dalam pelaksanaan praktikum kimia di sekolahReferences
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arzyad, Azhar. 2010 Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia , 8 (2): 1--10
Munir. 2012. Multmedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Parning. 2007. Kimia 2 SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Yudistira
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ce¬leben
Sadiman, A. S. 2010. Media pendidikan : pengertian pengembangan dan man-faatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, N. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tessmer, M. 1998. Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendi¬dikan Nasional 2003. Retrieved from http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/ wp-content/uploads/2016/08/UU_ no_20_th_2003.pdf
Zulfiati, H. M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Ips Berbasis Ict (Information And Com¬munications Technology) Dengan Ap¬likasi Lectora Inspire Dalam Mening¬katkan Hasil Belajar Siswa. JIPSINDO, 1(1): 39–58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |