EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMK 1 DASA SEMESTA BOGOR

Authors

  • Afif Ahmad Wiranata

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4531

Keywords:

Covid-19, Akses Belajar, Belajar dari Rumah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan proses belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19 di kelas X SMK 1 Dasa Semesta Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada siswa sebulan sekali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK 1 Dasa Semesta Kota Bogor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pengisian angket, secara umum pelaksanaan pembelajaran dari rumah (BDR) pada siswa kelas X SMK 1 Dasa Semesta Kota Bogor berjalan cukup efektif dengan persentase 60-79%. Hasil angket pelaksanaan pembelajaran BDR yang memiliki keefektifan buruk dengan kriteria 48% sedang dalam proses evaluasi. Disarankan dalam pembelajaran dari rumah (BDR), guru dituntut mampu merancang kegiatan pembelajaran dari perencanaan hingga evaluasi dengan cara yang lebih sederhana, lebih kreatif dan efektif.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI Model Sistem Pembelajaran Blended, Panduan Merancang Mata Kuliah Daring, SPADA Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembelajaran KEMRISTEKDIKTI.

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

Uno, H.B, & Lamatenggo, Nina. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H.B, (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SDN Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66 diakses pada 30 September 2020.

Iskandarwassid & Sunendar, D (2011) Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. www.kemdikbud.go.id. diakses pada 1 Oktober 2020.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Padang: Akadenia Permata.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364 6 diakses pada 5 Oktober 2020.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Pribowo, F. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah IPA Berbasis Pendekatan Scientific Approach. Pedagogia.

Rooijakkers, A. (1991). Mengajar dengan Sukses: Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT Presindo.

Rustaman. (2001). Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. dalam Handout Bahan Pelantikan Guru-Guru IPA SLTP Se-Kota Bandung di PPG IPA. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Syaiful, B. D. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardhana, Y. (2010). Teori belajar dan mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.

Winkel. (1991). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

23-01-2021

How to Cite

Wiranata, A. A. (2021). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMK 1 DASA SEMESTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 99–107. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4531

Issue

Section

Artikel