Evaluasi Media Video Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pengurangan Dan Penjumlahan

Authors

  • Afif Ahmad Wiranata

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.5110

Keywords:

Evaluasi media, media pembelajaran, video pembelajaran, media interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan data dan informasi untuk mengetahui sejauh mana kualitas media video pembelajaran interaktif yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muallimien Muhammadiyah di Jl. Raya Leuwilliang No. 106, Leuwilliang Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, yang bertujuan untuk menilai sejauh mana kesesuaian video pembelajaran interaktif mata pelajaran Matematika yang diporduksi Pustekkom dengan karakteristik video pembelajaran interaktif yang efektif yang diadaptasi dari Hannafin dan Peck, yang dibagi ke dalam 11 aspek. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan cara menyebarkan angket (kuesioner) yang diberikan kepada siswa dan guru mata pelajaran Matematika. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika ini, sangat menarik dan mudah dipahami oleh siswa, hal ini dibuktikan dengan respon positif dari siswa dan guru yang menggunakan media ini, serta adanya kenaikan nilai antara pre-test dan post-tes yang cukup signifikan.

References

Cahyani, Inne, M. Givi Efgivia. 2021. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 6, No.1.

Efgivia, M. Givi. 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Managemen. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 9, No.3.

Hannafin Michael J. and Peck Kyle L.. 1998. The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. New York, Macmillian Publishing Company.

Prawiradilaga, Dewi S. 2009. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta, Kencana.

-----------------------------. 2012. Kawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta, Kencana.

Prawiradilaga, Dewi S dan Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta, TP-UNJ, Kencana.

Plomp J., Tjeerd, Ely, Donald.P. 1996. International Encyclopedia of Educational Technology. New York, Copyright Elsevier Science Ltd.

Rusman. 2009. Teknologi Informasi and Komunikasi dalam Pembelajaran. Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sadiman Arif S, dkk. 1986. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta, Rajawali.

Seels Barbara B. and Richey Rita C. 1994. Teknologi Pembelajaran; Definisi dan Kawasannya. Washington, AECT.

Siregar, Eveline dan Nara Hartini. 2007. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, FIP UNJ.

Smaldino, Sharon E., dkk. 2005. Instructional Technology and Media for Learning, Ninth Edition. Columbus Ohio, Pearson Merril Prenctice Hall.

Simamora, Lamhot. 2002. Infrastruktur e-learning Telkom Dalam Upaya Mendukung Pengembangan Kompetensi. Jurnal Teknodik Edisi, No.10, Vol VI.

Downloads

Published

04-01-2022

How to Cite

Wiranata, A. A. (2022). Evaluasi Media Video Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pengurangan Dan Penjumlahan. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.5110

Issue

Section

Artikel