LIBERALISASI PEMIKIRAN DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Hasanudin Arinta Kusrin Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i2.1144

Abstract

Liberalisasi (jasa) pendidikan akan terus melaju di Indonesia sesuai tuntutan pasar global dalam bidang pendidikan sebagai kegiatan industri jasa pendidikan. Kapitalisasi pendidikan di Indonesia akan terus berkembang dan membawa implikasi kepada pemikiran liberal dalam pendidikan yang akar sejarahnya sudah ada sejak kolonialisme Belanda. Liberalisasi ilmu pengetahuan sudah lama berlangsung di Indonesia dan kecenderungannya bahkan akan terus berlangsung dan membawa implikasi kepada bekembangnya gaya berpikir liberal sepanjang tidak muncul kesadaran dari insan-insan pendidikan untuk melakukan deliberalisasi. Liberalisasi berpikir atau pemikiran mengajarkan ilmu pengetahuan yang bebas nilai dan sekularisasi ilmu di Indonesia dengan konsep West Worldview dan Epistemologinya yang sudah lama berinteraksi ke dalam satuan pendidikan. Deliberalisasi konsep pendidikan wajib dilakukan, salah satu konsep yang sudah cukup  lama dikenal dan belum optimal untuk diaktualisasikan dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah melalui Islamisasi ilmu pengetahuan dengan penguatan pada tataran worlview dan epistemologi. Maka menjadi ironi bagi bangsa Indonesia yang penduduk Muslimnya terbesar di dunia, tetapi kehadiran Islamic Worldview & Epistemologi Islam absen dalam kelas-kelas pendidikan yang masih terus berlangsung dan mungkin perlahan tapi pasti akan sirna atau berhenti sama sekali di rumahnya sendiri.

Keywords : liberalisasi pemikiran, deliberalisasi

islamisasi ilmu pengetahuan, islamic worldview, epistemologi islam

References

Husaini, Adian, et.al, 2013,Filsafat Ilmu-Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Saefuddin, AM, 2010,Islamisasi Sains dan Kampus, Jakarta: PT.PPA Consultants.

Wan Daud, Wan Mohd Nor, 2013,Islamisasi Ilmu-Ilmu Kontemporer Dan Peran Universitas Islam dalam konteks Dewesternisasi dan Dekolonisasi, Bogor: Penerbit Universitas Ibn Khaldun dan Universitas Teknologi Malaysia (UTM)-CASIS : Centre for Advanced Studies on Islam, Science and Civilization.

Dani Setiawan (Program Officer Koalisi Anti Utang /KAU; Anggota Aliansi Advokasi Pendidikan Nasional). Artikel : Liberalisasi Pendidikan dan WTO dalam www.google .com.

Dr.Hamid Fahmy Zarkasyi. Liberalisasi Pemikiran Islam (Gerakan bersama Missionaris, Orientalis dan Kolonialis). Artikel dalam www.google .com.

Kholili Hasib, MA. Konsep al-Attas tentang Adab (Tawaran Paradigma Pendidikan). Artikel dalam Islamia, Volume IX, No.1, 2014 : Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam.

Marjuni. Kapitalisme dan Pendidikan Liberal dalam Jurnal Al-Fikr,Volume 15, No.2 Tahun 2011.

Downloads

Published

2018-04-26

How to Cite

Kusrin, H. A. (2018). LIBERALISASI PEMIKIRAN DALAM PENDIDIKAN. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 183–200. https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i2.1144

Issue

Section

Artikel