DELIBERALISASI DAN PEMBERDAYAAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KESEJAHTERAAN UMAT

Authors

  • Dalmeri Dalmeri Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i2.1146

Abstract

Globalisasi merupakan fenomena yang dampaknya tak terhindarkan dalam segenap aspek kehidupan sehingga kita dituntut untuk selalu meresponnya dengan cerdas dan bijak. Pendidikan yang bermutu dan responsif adalah salah satu cara paling tepat untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pendidikan Islam di Indonesia merupakan sub-sistem dari pendidikan nasional. Dengan demikian, lembaga pendidikan Islam disamping terus memelihara ciri khas keagamaannya juga harus mampu membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam persaingan global. Karenanya memperkenalkan muatan pendidikan teknologi dan keterampilan (technical vocational education) dianggap sebagai salah satu cara yang paling bijak dan tepat dalam mempersiapkan peserta didik lembaga pendidikan Islam. Introduksi pendidikan vokasional untuk lembaga pendidikan Islam, khususnya tingkat Aliyah, disamping dilandasi oleh persaingan global yang ketat tersebut juga dilandasi oleh kecenderungan bahwa mayoritas lulusan Madrasah Aliyah tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga membekali mereka dengan pendidikan keterampilan akan mengantarkan mereka menjadi tenaga yang siap pakai untuk dunia kerja dan wirausaha dalam usaha memberdayakan masyarakat miskin.

 

Keywords : pendidikan vokasional, life skill, kewirausahaan, pendidikan Islam, pemberdayaan

References

Brolin, D.E. (t.t).Life Centered Career Education: A Competency Based Approach. 3rd ed. Reston, VA: The Council for Exceptional Children.

Brown, Andrew D. 1998. Organisational Culture. Second edition. London: Prentice Hall.

Calhoun, Calfrey C. & Finch, Alton V. 1982. Vocational Education:Concepts And Operations. Belmont, California: Wadsworth, Inc.

Frantz,Nevin R., Jr. 1997. The Identification Of National Trends And Issues For Workplace Preparation And Their Implications For Vocational Teacher Education. Journal of Vocational and Technical Education, 14. Sumber elektronik, diambil tanggal 24 juni 2005.

Furchan, Arief. 2004. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Gama Media.

Hermina, Dina. 2005. Kecerdasan Pelbagai (Multiple Intelligence) Dan Implikasi Kependidikan. Jurnal Fikrah, vol.4 no.1. Jan-Juni 2005.

Kincheloe, Joe L. 1999. How Do We Tell The Worker?. USA: Westview Press.

Machali &Musthofa (ed.). 2004. Pendidikan Islam Dan Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mastuhu. 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Pekerti, Anugerah. 1997. Mitos Dan Teori Dalam Pengembangan Kewirausahaan, Makalah Lokakarya Kewirausahaan PT, DP3M Dikti, Bogor.

Vinoba Brave. (t.t). Thoughts On Education, 4th ed., Rajghat Varanasi: Sarva Seva Sangh Prakashan.

Sarbiran. 2002. Keterampilan Dan Kecakapan Hidup (Life Skills): Sebuah Persoalan Martabat Manusia. Cakrawala Pendidikan, Juni 2002, Th. XXI, No. 2

Siagian, Salim & Asfahani. 1995. Kewirausahaan Indonesia Dengan Semangat 17.8.45. Jakarta: Kloang Klede Jaya PT Putra Timur bekerjasama dengan Puslatkop dan PK Depkop dan PPK.

Sirozi, Muhammad dkk. 2002. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Menulis Tesis Efektif Dan Efisien. Jakarta: PT Moyo Segoro Agung.

Tim Broad Based Education. 2001. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Buku I, Kemendikbud.

http://www.careers.unsw.edu.au/careerEd/planning/selfReliance.aspxdiakses tanggal 3 Januari 2005.

Downloads

Published

2018-04-26

How to Cite

Dalmeri, D. (2018). DELIBERALISASI DAN PEMBERDAYAAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KESEJAHTERAAN UMAT. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 231–256. https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i2.1146

Issue

Section

Artikel