PENDIDIKAN PEREMPUAN DI TENGAH ISU KESETARAAN GENDER

Authors

  • Dewi Suriyani Djamdjuri Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i2.1148

Abstract

Di tengah isu kesetaraan gender para perempuan berada antara dua dimensi pemikiran, pro dan korntra. Sebagian yang pro menginginkan perempuan terjun bebas dalam semua lini tanpa dibatasi aturan-aturan yang menurut mereka merupakan ketidakadilan bagi perempuan. Akhirnya isu gender menjadi kebablasan. Hukum-hukum Islam diterjang dan semua yang mengatur perbedaan peran pun dianggap ekstrim. Sebaliknya yang kontrapun cukup banyak. Pada tataran kehidupan masyarakat masih kita jumpai perbedaan perlakuan orang tua misalnya dalam hal pendidikan terhadap anak mereka. Masih ada di antara orang tua yang lebih mendahulukan anak laki-laki untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan alasan perempuan toh pada akhirnya akan ke dapur juga. Islam telah memberikan tuntunan yang jelas terhadap hal ini. Islam datang untuk melepaskan perempuan dari belenggu-belenggu kenistaan dan perbudakan terhadap sesama manusia dan memandang perempuan sebagaimana laki-laki sebagai makhluk yang mulia dan terhormat. Termasuk dalam hal hak memperoleh pendidikan. Makalah ini hanya akan mengkaji tentang bagaimana konsep kesetaraan gender menurut perspektif Islam dan bagaimana pendidikan perempuan menurut Islam.

Keywords : gender, islam, pendidikan, perempuan

References

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib, 1984, Konsep Pendidikan dalam Islam. Diterjemahkan oleh Haidar Bagir, Bandung: Mizan.

Al-Bari, Haya Binti Mubarak, 1997, Mausu’at al-Mar’ah al-Muslimah. Alih bahasa: Amir Hamzah Fachruddin. Jakarta: Darul Falah. Cet. I.

Al-Kurdi, Ahmad al-Hajji, 1995, Ahkam al-Mar’ah fi al-Fiqh al-Islamiy.Alih bahasa: Moh.Zuhri dan Ahmad Qorib. Semarang: Dina Utama. Cet. I.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, 1983, Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia. Cet. XII.

Fakih, Mansour, 1997, Analisis Gender dan Transportasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

King Abdul Aziz University, 1997,First World Conferse on Muslim Education Reccomendations, Jeddah & Mecca Al-Munawarah: King Abdul Aziz University.

Macdonald, Mandy, dkk, 1999, Gender dan Perubahan Organisasi: Menjembatani Kesenjangan antara Kebijakan dan Praktik.Alih bahsa: Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rajab, Ibn Al-Hambali, The Excellence of Knowledge, , Birmingham: Darussunnah Publisher,Kalamullah.com, ebook.

Shaikh, N.M., 1991, Woman in Muslim Society. New Delhi: Kitab Bhavan. Cet. I.

Tafsir, Ahmad, 2013, Ilmu Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. II.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Umar, Nasaruddin, 1999,Kodrat Perempuan dalam Islam, Jakarta: Lembaga Kajian Agama dan Gender.

Downloads

Published

2018-04-26

How to Cite

Djamdjuri, D. S. (2018). PENDIDIKAN PEREMPUAN DI TENGAH ISU KESETARAAN GENDER. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 299–312. https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i2.1148

Issue

Section

Artikel