PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN EDMODO

Muhammad Q Musa

Abstract


Penelitian inibertujuan untuk memperoleh pemahan secara mendalam mengenai proses pembelajaran menulis bahasa Inggris menggunakan Edmodo di SMA Insan Kamil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode etnografi.Data dalam penelitian etnografi ini adalah tujuan, perencanaan, langkah-langkah, peran guru serta siswa, dan evaluasi pembelajaran menulis menggunakan Edmodo. Adapun sumber data utama mengenai informasi tujuan pembelajaran menulis bahasa Inggris menggunakan Edmodo dan informasi umum mengenai proses pembelajaran menulis menggunakan Edmodo yaitu guru bahasa Inggris di SMA Insan Kamil Bogor.Dalam merencanakan pembelajaran guru membuat perencanaan berdasarkan silabus dan kebutuhan siswa. Sedangkan dalam langkah-langkahnya secara garis besar ada empat langkah, meliputi; (i) siswa masuk ke akun grup kelas, (ii) mengecek tugas yang sudah dikirimkan guru melalui edmodo, (ii) mengunduh tugas dan (iv) mengunggah tugas yang sudah selesai ke edmodo. Dalam pembelajaran ini pengajar, mempunyai banyak peran, menjadi pengendali, pengarah, fasilitator dan juga menjadi sumber, sementara siswa berperan aktif dalam mempraktikan bahasa Inggris. Metode evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran ini adalah evaluasi sumatif, suatu cara untuk menilai hasil belajar dalam satu program dan nilainya menjadi data yang akan dilaporkan kepada orang tua peserta didik.


Keywords


Pembelajaran, Menulis; Bahasa Inggris; Edmodo

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak dan Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Brown, Douglas, 2007, Teaching by Principles: An active Approach to Language Pedagogy San Francisco State University : Pearson Longman.

Cauley, Patrcik. 2012. Edmodo: a user guide, New York : IT Buble.

Clayton.2012. Edmodo Teachers Guide, San Fransisco : San Fransisco University.

Donald R, Cruickshank, Deborah B, Jenkins, dan Metcalf, Kim K, 2014, The Act of Teaching. New York : McGraw-Hill Education.

Dudeney & Hockly. 2008. How to Teach English with Technology, England : Pearson Longman.

Gay, L.R, Mills, Geofrey E, dan W.A. Peter, 2012. Educational Research, USA : Pearson Education inc.

Harmer, Jeremy, 2007, The Practice of English Language Teaching, England : Pearson Longman.

Jamaris, Martini, 2013, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Bogor : Ghalia Indonesia.

La Abo, 2016, Model Pembelajaran Menulis yang Efektif, Bandung : Mujahidin Press.

Macalister, 2010, Language Curriculum Design, New York : Routledge.

Mc.Millan, James, H, 2007, Formative Classroom Assesment, New York : Columbia University.

Moleong,Lexy, J, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sanaky, AH, 2013, Media Pembelajaran Interaktif-inovatif. Yogyakarta : Kaukaba.

Sugiono, 2011, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung : Alfabeta.

Walter, Dick, Carey, Lou dan Carey, James, 2005, The Systematic Design of Instruction, NewYork : Pearson.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1157

Article Metrics

Abstract view : 1123 times
PDF - 1375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Q Musa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogora

Address: Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335