KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN BOGOR

Authors

  • Achyar Achyar Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1161

Abstract

Dunia pendidikan sedang ditantang untuk menjawab tiga hal; kemampuan memenuhi kebutuhan, kemampuan mengembangkan hidup yang bermakna, dan kemampuan memuliakan hidup, disisi lain pendidikan juga dihadapkan pada globalisasi, yang ditandai dengan adanya industrialisasi pendidikan. Masyarakat dihadapkan pada kurangnya perhatian pemerintah dalam menghadapi tantangan ini hal tersebut terindikasi dari kecilnya realisasi alokasi dana yang digulirkan untuk sektor dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi konsep Manajemen Mutu Terpadu diterapakan dalam lembaga pendididikan Islam. Lembaga Pendidikan yang dipilih untuk penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif untuk menjawab dua variabel deskripsi Konsep Manajemen Mutu terpadu dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi doumentasi dan triangulasi dengan melibatkan pihak pesantren dalam hal ini adalah sekretaris Pimpinan Pesantren. Konsep yang di impelmentasikan meliputi konsep Nilai-nilai qurani, konsep sistem manajemen, konsep mutu SDM, dan konsep kesamaaan Paradigma.  Implementasi manajemen mutu di Pesantren Darul Muttaqien dapat dilihat melalui adanya revitalisasi sistemik dengan menyusun model manajemen mutu terpadu melalui proses Strategi Restrukturisasi, Program Kaderisasi, peningkatan Mutu SDM, Profesionalisme  sistem  manajemen Keuangan, Penguatan Networking, Sinergitas Organisasi, Budaya Mutu Kerja dan  Job Fokus Kinerja.

Keywords : manajemen mutu terpadu, pendidikan islam

References

Edwar Sallis, 2012, Total Quality management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta: IRCISoD

Hamdani Ihsan dan Fuad Hasan, 1998, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Husaini Usman, 2014, Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mad Rodja Sukarta, 2009, Menjaga Visi dan Tradisi Pesantren , Sebuah Upaya Pewarisan Nilai Kemuliaan Untuk Generasi Penerus Perjuangan Yang Lebih Baik, Bogor: DM Grafika.

--------------2010, Kepemimpinan Organisasi Pesantren, Mengupas Budaya Organisasi Pesantren, Pendidiakan Karakter dan Tantangan Pemikiran Pendidikan Islam. Bogor : DM Pres.

Nanang Fattah, 2012, Sistem Penajminan Mutu Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Rahmat Rosyadi, 2011, Pendidikan Islam dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan nasional, UIKA Bogor.

Ramayulis, 1994, Metodologi Pendidikan Agama Islam,Jkarta : Kalam Mulia.

Sudiyono, 2009, Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Rineke Cipta

Yusuf Al-Qardhawi, 1980, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, terj. Prof. H. Bustami A. Gani dan Drs.Zainal Abidin Ahmad Jakarta: Bulan Bintang.

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Achyar, A. (2019). KONSEP MANAJEMEN MUTU TERPADU DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN BOGOR. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 193–218. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1161

Issue

Section

Artikel