STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB

Masyudi Masyudi

Abstract


Penelitian ini untuk menguji peredaan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Strategi pembelajaran Ekspositori, perbedaan hasil belajar terhadap peserta didik berkemandirian tinggi dan rendah, dan pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Strategi pembelajaran Ekspositori, Hasil dan kesimpulan penelitian diperoleh (1) Hasil belajar bahasa Arab dalam Strategi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibanding hasil belajar dengan Strategi pembelajaran Ekspositori (2) Terdapat pengaruh interaksi antara Strategi pembelajaran dan Kemandirian Siswa peserta didik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. (3) Terdapat Perbedaan hasil belajar bahasa Arab. Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik yang memiliki Kemandirian Tinggi yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Ekspositori.

Keywords


Kemandirian Belajar; strategi pembelajaran kooperatif; Student Teams Achievement Division (STAD); Strategi pembelajaran Ekspositori

Full Text:

PDF

References


Arief, Z. A. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

dan Mohammad Asrori, M. A. (2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Grafika, R. S. (2009). Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hanafi, dan cucu S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayatullah, M. S. (2017). Cakrawala Lingustik. Arab, Jakarta: PT. Gramedia.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A. dan A. H. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Kunandar. (2006). Guru Proposional Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Madjid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & media pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, E. dan H. N. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2003). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2009). Cooperatif Learning. Jakarta: Garasindo.

Suyitno, I. (2011). Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suyono, dan H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1672

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Masyudi Masyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335